3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 Meriah

3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 Meriah
(istimewa)

Batam (netrakepri.com) – Perairan Nongsa kembali diramaikan oleh kapal layar yang berlaga dalam event 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018. Event yang diselenggarakan oleh Nongsa Point Marina & Resort didukung oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri ini, berlangsung tiga hari, 26-28 Januari 2018. Kegiatan yang masuk dalam kalender event Dinas Pariwisata Batam dan Kepri ini dihadiri oleh lebih dari 600 orang.

Dalam penyelenggaraan tahun ketiga ini, perlombaan dibagi dalam tiga kategori yaitu Yacht, Dinghy, dan Radio Control Sailboats. Perlombaan yacht diikuti oleh 9 tim yang pesertanya berasal dari Singapura, New Zeland, Amerika dan British. Sementara dinghy yang terdiri dari laser dan optimist diikuti oleh 30 peserta junior dari Kepri Banten, Kalimantan Timur dan Terengganu Malaysia. Selain dua kategori tersebut, pada 2018 ini penyelenggara juga mengadakan perlombaan untuk kategori Radio Control Sailboat yang diikuti oleh 6 orang yang berasal dari Australia, Belanda dan Inggris.

Di tiga hari penyelenggaraannya, 9 yacht berlayar sejauh 2 mil dari Marina menuju perairan Nongsa tempat dimana perlombaan diadakan. Perlombaan yang dimulai pukul 12.00 – 17.30 WIB itu mendapatkan 1 pemenang harian dan 3 pemenang keseluruhan. Sistem penilaian didasarkan pada jenis kapal yang memiliki handicap berbeda. Setelah pertandingan selama 3 hari, akhirnya kategori yacht dimenangkan oleh tim WAKA TERE disusul team Singapore Management University yaitu SMUVE di posisi kedua dan SMUMAD di posisi ketiga.

Juri International dalam event ini ada lima orang, yaitu, Leonard Chin dari Malaysia selaku ketua juri, dari Singapore Long Hong Kit, dan Tan Tee Suan, serta dari Indonesia Iwan Ngantung dan Ramlan. Race officer-nya, Diki Zulfikar dari Indonesia yang didukung oleh team Focus Adventure, Marina @ Keppel Bay, Raffless Marina, serta yang membantu team media adalah Classic yacht RONA yang berusia 123 tahun.

Sementara itu, dalam kategori dinghy, pertandingan dibagi menjadi 4 yaitu optimist putra, optimist putri, dan laser 4.7 putra, laser 4.7 putri. Optimis putra dimenangkan oleh Muh Faizuddin Bin Mohd Fauzi dari Terengganu Malaysia, Optimist Putri dimenangkan oleh Dilla Adilya Safitri dari Kepri. Untuk kategori Laser 4.7 Putra dimenangkan oleh Umar Al Farouk dari Terengganu Malaysia dan Laser 4.7 Putri dimenangkan oleh Nur Atikah Binti Mohd Din dari Trengganu Malaysia. Cinderamata dan piala disumbangkan oleh Jotun, Adidas, dan Patria. Selain itu juga ada 2 tablet yang disumbangkan oleh pemilik yacht Vega.

Pada hari terakhir, diadakan lomba Radio Control Sailboats yang menjadi pemenang pertama adalah Geoff Shepherd, juara kedua yakni Bart Ouwerling, serta juara ketiga diraih oleh Mark Biggs.

Prakash Reddy, Marina & Watersport Manager Nongsa Point Marina & Resort sekaligus Ketua Pelaksana event, memaparkan, resort ini sudah menjadi tempat penyelenggaraan event Singapore Strait Regatta selama lebih dari 20 tahun.

“Namun, baru tiga tahun terakhir ini Nongsa Point Marina & Resort menjadi penyelenggara event internasional ini. Ini sebuah kebanggaan sekaligus tantangan tersendiri karena untuk menyelenggarakan regatta dibutuhkan persiapan yang matang dan melibatkan banyak pihak, ditambah lagi kegiatan ini diikuti oleh peserta dari lebih dari satu negara.

Disampaikannya, terselenggarannya event 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 ini tidak lepas dari kerjasama banyak pihak. Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri serta Persatuan olah raga layar seluruh Indonesia (PORLASI) merupakan pihak yang memberikan dukungan dalam terselenggaranya kegiatan ini.

“Bentuk support juga ditunjukan dengan hadirnya jajaran tinggi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia dan Kepri, diantaranya, Indroyono Soesilo, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang hadir dalam makan malam bersama sekaligus penutupan 3rd Wonderful Indonesia Nongsa Regatta 2018 pada 28 Januari 2018 di Nongsa Point Marina & Resort, Batam. Selain itu, penanugerahan 5 Gold Anchor dari Marina Industries Association yang diserahkan oleh Colin Bransgrove, Executive Officer dari Marina Industries Association kepada Mike Wiluan, Presiden Direktur Nongsa Resorts yang disaksikan oleh Indroyono, tamu undangan, seluruh peserta, serta jajaran pejabat pemerintahan Kepri dan Batam. Acara penutupan ini dihadiri oleh kurang lebih 300 orang. (r)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply