AISKI Dorong Industri Kelapa di Resang

AISKI Dorong Industri Kelapa di Resang
Sabut kelapa (net)

Lingga (netrakepri.com) – Badan Pimpinan Pusat (BPP) Asosiasi Industri Sabut Kelapa Indonesia (AISKI) siap mendorong industri buah kelapa di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan, jika Pemerintah Kabupaten Lingga bersama Pemerintah Provinsi Kepri membantu pembenahan infrastruktur di wilayah tersebut.

“Sarana dan prasarana penunjang yang harus segera dibenahi, salah satunya akses jalan yang selama ini menjadi sorotan investor untuk kemudahan berinvestasi,” kata Sekretaris Jenderal AISKI, Ady Indra Pawennary, seperti dilansir antarakepri.com, Senin (26/3/2018).

Dengan pembenahan sarana prasarana penunjang juga akan berdampak pada perkembangan industri kecil (IKM) di wilayah tersebut.

AISKI sebagai organisasi yang bergerak di sektor tersebut tentu akan siap untuk membantu memfasilitasi investor untuk masuk ke Kabupaten Lingga, baik itu di Desa Resang maupun wilayah lainnya yang ingin mengembangkan sektor perkebunan dan pengolan buah kelapa.

Industri pengolahan sabut kelapa saat ini memiliki pasar yang sangat strategis, salah satunya berdasarkan permintaan dari negara Asia Korea Selatan, China dan beberapa negara Eropa. Demikian juga dengan industri untuk pembuatan keset kaki dari sabut kelapa dan sofa dari sabut kelapa yang saat ini cukup diminati pasar dalam negeri.

Selain itu menurutnya, AISKI memiliki jaringan pasar ekspor yang cukup besar di luar negeri.

“Saya juga sudah bicara dengan Bupati, untuk Oktober ini Lingga sudah melepas ekspor perdana sabut kelapa,” katanya.

Untuk itu dirinya berharap keberadaan industri sabut Kelapa di Desa Resang Kecamatan Singkep Selatan, dapat memberi multiplier effect bagi masyarakat tempatan. Termasuk juga untuk daerah lain seperti Provinsi Jambi dan Riau yang berdekatan dengan wilayah tersebut, yang merupakan penghasil buah kelapa terbesar di Indonesia yang sabut kelapanya saat ini terbuang karena belum diolah secara maksimal. (ant)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply