by

Akte Kelahiran Bisa Diambil di Kecamatan

Batam (netrakepri.com) – Kabar gembira datang dari Disdukcapil Kota Batam. Dalam upaya meningkatkan pelayanan dokumen keadministrasian penduduk, penjemputan akte kelahiran bisa dilakukan ke Kecamatan.

Sebelumnya, hal serupa juga telah diterapkan dalam penjemputan e-KTP. Perbedaannya, untuk pengurusan dan penjemputan e-KTP bisa dilakukan di kantor Camat terdekat, sedangkan untuk akte kelahiran pengurusan tetap dilakukan di kantor Disdukcapil Batam, namun untuk pejemputan bisa diambil masyarakat di kantor Camat.

Kepala Disdukcapil Batam, Said Khaidar, mengatakan kebijakan terbaru ini akan diterapkan pada pertengahan Oktober 2018. Terobosan ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus akte kelahiran.

“Mekanismenya nanti pengurusan tetap dilakukan disini. Untuk pengambilan, bisa langsung ke kantor Camat terdekat karena akan distribusikan. Pertengahan Oktober baru akan berjalan,” ucapnya, Jumat (28/9).

Said menjelaskan, tujuan dari program ini untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus akte kelahiran, juga memangkas biaya pengurusan, dan mempercepat pelayanan, apalagi tingkat permohonan sangat tinggi.

“Selain mengurangi biaya, pengurusan juga memperpendek waktu karena tidak lagi harus antre di kantor Disdukcapil,” ucap Said. (hb)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed