BNI Sosialisasikan Hedging Transaction

BNI Sosialisasikan Hedging Transaction
Workshop Derivarif BNI dan Bright PLN Batam, di kantor Bright PLN Batam, Rabu (29/11/2017) (netrakepri.com)

– Workshop Derivarif BNI dan Bright PLN Batam

Batam (netrakepri.com) – “Kita tidak pernah tahu pergerakan kurs valuta asing. Untuk itu, guna memberikan rasa nyaman bagi mereka yang selalu melakukan transaksi dengan menggunakan valuta asing, maka, BNI punya Hedging Transaction,” ucap Budi Warsito, Team Leader TCS Regional BNI, di sela-sela Workshop Derivarif BNI dan Bright PLN Batam, di kantor Bright PLN Batam, Rabu (29/11/2017) siang tadi.

Dijelaskannya, Hedging Transaction merupakan salah satu cara atau teknik untuk perlindungan terhadap nilai valuta asing.

“Misalnya begini, ketika kita menerima pinjaman sebesar 1000 US$ pada bulan lalu dengan kurs rupiah Rp13.000 per US$. Maka, ketika kita membayarnya tetap dengan kurs sebesar saat kita meminjam. Meski, saat kita meminjam ditambah beberapa forward point tertentu yang disepakati mengalami peningkatan dari sebelumnya,” papar Budi Warsito.

Adapun yang berkenaan dengan Hedging Transaction, lanjutnya, penekanannya terutama produk Call Spread yang merupakan produk baru BNI yang berbentuk struktured product dan sudah dipasarkan sejak April 2017 lalu. Call Spread juga merupakan salah satu cara untuk perlindungan terhadap nilai valuta asing. Hal ini, lanjutnya, ditujukan agar BNI tetap menjadi perbankan yang selalu memberikan solusi lindung nilai yang komprehensif untuk nasabahnya.

Dalam Workshop tersebut, diisi dengan materi tentang Manajemen Risiko dan Pengenalan tentang Hedging Transaction beserta produk Derivatifnya. Selain itu, juga dipaparkan tentang kondisi ekonomi dan prediksi pasar pergerakan kurs valuta asing hingga akhir 2017 dan forecast pada 2018.

Dalam kesempatan itu, diterangkan produk dan jasa BNI yang terkait dengan hedging untuk nasabah ekspor dan importir seperti Bright PLN Batam, pertama, FX Forward yakni perlindungan nilai uang terhadap fluktuasi nilai tukar. Lalu, FX Swap yaitu perlindungan nilai uang terhadap fluktuasi nilai tukar dan suku bunga. Selanjutnya, FX Option yakni perlindungan nilai uang terhadap fluktuasi nilai tukar. Lalu, Cross Currensy Swap yaitu perlindungan nilai terhadap fluktuasi nilai tukar dan suku bunga. Selanjutnya, Interest Rate Swap yaitu perlindungan nilai terhadap fluktuasi suku bunga. Dan Call Spread yakni perlindungan nilai terhadap fluktuasi nilai tukar.

“Seluruh produk tersebut bertujuan untuk memberikan solusi bagi nasabah yang melakukan transaksi baik ekspor maupun impor agar tidak menimbulkan kekhawatiran akibat perubahan nilai tukar dan suku bunga di pasar,” jelasnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Henky Wilmar, Head of Treasury Department Bright PLN Batam mengatakan, Workshop Derivarif BNI dan Bright PLN Batam, merupakan langkah positif dalam update perkembangan terkait produk yang ditawarkan oleh perbankan.

“Kami ingin banyak belajar dari bank khususnya BNI terkait mekanisme hedging transaction. Soalnya, dalam transaksi kami sering melakukan dengan valuta asing. Karena itu, workshop ini mampu memberikan pencerahan dalam melakukan transaksi dengan menggunakan valuta asing,” ucap Henky Wilmar. (r)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply