BP Batam Hibahkan 699 Ruas Jalan

BP Batam Hibahkan 699 Ruas Jalan
Walikota Batam, HM Rudi. (net)

Batam (netrakepri.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam menghibahkan 699 ruas jalan kepada Pemerintah Kota Batam, agar dapat dibenahi untuk kepentingan masyarakat.

“Pemko segera membangun, kita dukung semua. Masalahnya, itu masih aset BP, kami sedang proses di Kemenkeu agar dihibahkan ke Pemko Batam,” kata Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, seperti dilansir antarakepri.com, Selasa (27/2/2018).

Karena proses hibah aset memerlukan waktu yang relatif lama, maka, untuk sementara ruas jalan yang akan dilebarkan itu akan dipinjam-pakaikan kepada Pemko Batam.

Dia menyatakan, BP Kawasan dan Pemko Batam sudah merumuskan nota kesepakatan pinjam pakai lahan itu, dan kedua lembaga tersebut juga sudah menyepakati pasal demi pasalnya.

“Kami sepakat semua pasal, tinggal tandatangan,” kata dia.

BP Batam menyatakan tidak ada halangan untuk menyepakati hibah, namun karena prosesnya di Kementerian Keuangan sebagai pengelola barang milik negara, maka, ada tahapan yang perlu dilalui.

Kini, BP Kawasan dan Pemko Batam tengah mempersiapkan dokumen untuk proses itu.

Dalam kesempatan itu, Lukita menegaskan, pihaknya dan Pemko Batam telah menyepakati pembagian pembangunan, jalan dibangun Pemko, dan BP membangun bandara, pelabuhan dan fasilitas industri lainnya.

Sementara itu, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, menyatakan, dua lembaga pemerintah di Batam itu menyepakati pinjam pakai lahan jalan, agar bisa dibenahi Pemko Batam.

“Kami sudah sepakat, mana ROW jalan, segera diselesaikan. Peraturan sudah ada, sekarang bicara kewenangan lahan, mana jalan yang mau dilebarin, yang mungkin ada masalah kami selesaikan,” kata dia.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Pemko Batam, Yumasnur, menyatakan 699 ruas jalan yang dipinjampakaikan itu terpencar di penjuru Batam.

“Jalan kota sampai ke perumahan, bisa di pemukiman. Itu sampai Sagulung, Batuaji, Sei beduk,” kata dia.

Bila proses pinjam pakai selesai, maka Pemko Batam akan segera membenahi dan melebarkan jalan-jalan itu secara bertahap.(ant)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply