by

BP Batam Serahkan Aset ke Pemko Batam

Batam (netrakepri.com) – Badan Pengusahaan (BP) Batam menghibahkan lima aset senilai Rp196 miliar kepada Pemko Batam.

Adapun aset yang diserahkan yaitu perkantoran dan lahan Pemko Batam, bangunan dan lahan Masjid Agung Batam Centre, lahan dan bangunan masjid Baitul Rahman, Sekupang. Bangunan dan lahan Pasar Induk Jodoh serta instalasi pembuangan sampah atau TPA (tempat pembuangan akhir), Punggur.

“Presiden menyetujui pemindahtanganan barang milik negera melalui mekanisme hibah yang dilakukan dari BP Batam kepada Pemko Batam berdasarkan surat Nomor B 1164 Kemensesneg BP/02/04/2018,” kata Anggota 4/Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Lainnya BP Batam, Mayjen TNI Eko Budi Soepriyanto.

Penyerahan secara resmi ke Pemko Batam, kata Eko, dilakukan setelah Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengeluarkan surat yang ditujukan kepada BP Batam untuk menghibahkan aset-aset tersebut.

“Mekanismenya memang seperti itu, kalau ada hibah harus minta restu dulu ke Kemenkeu,” ujarnya seperti dilansir antarakepri.com, Kamis (17/5/2018).

Eko menambahkan, Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo berkomitmen untuk menghibahkan aset-aset yang dikelolanya secara bertahap.

Dengan catatan, aset-aset tersebut sepenuhnya untuk kepentingan publik. Dalam hibah aset yang nilainya mencapai Rp10 miliar, BP Batam kata Eko, harus meminta izin kepada presiden.

“Mekanismennya memang begitu setelah mengajukan surat ke Kemenkeu dan diverifikasi, surat akan diajukan ke Presiden melalui Mensesneg (Menteri Sekretaris Negara),” kata Eko,

Sementara itu, untuk gedung dan lahan kantor DPRD Kota Batam belum mendapatkan persetujuan dari presiden untuk diserahkan ke Pemko Batam. Namun, lanjutnya, ada beberapa lahan dan bangunan lainnya yang masih dalam proses.

Diantaranya Puskesmas, kantor Dinas Pendudukan, kantor Dinas Kesehatan, Alun-alun Engku Putri, rumah dinas yang berada di Jalan Kartini, TPU Sei Panas dan Nongsa, stadion bola di Sekupang serta 69 ruas jalan.(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed