Duta Besar Republik Panama Promosikan Batam

Duta Besar Republik Panama Promosikan Batam

Duta Besar Republik Panama untuk Indonesia, H.E Ms. Deborah Ho, bersama jajaran delegasi kedubes Panama, melakukan kunjungan ke BP Batam, Selasa (23/1/18). Panama yang secara geografis terletak di kawasan Amerika Tengah, sebagai negara transit yang menjadi otoritas pengaturan geografis Terusan Panama, dikenal sebagai daerah maju dibidang jasa kelautan dan Colon Free Zone.

Ms. Deborah mengatakan, kehadiran BP Batam sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat memberikan keistimewaan tersendiri bagi Batam sebagai wilayah destinasi investasi.

Dirinya melihat Batam memiliki regulasi yang memberikan kepastian hukum dalam berusaha dan kemudahan berinvestasi seperti program i23J dan Mall Pelayanan Publik (MPP).

“Letak Batam yang strategis secara geografis di jalur lalu lintas perdagangan Selat Malaka tak bisa dipungkiri menjadi kelebihan tersendiri bagi Batam. Ditambah dengan keberadaan Batam yang berada diluar zona ring of fire, sehingga aman dari potensi bencana gempa bumi, gunung berapi, tsunami, dan potensi bencana lainnya,” ucapnya.

“All in One is here. Saya merasa ini kunjungan kedua di Batam yang sangat berkesan. Batam dengan BP Batam adalah paket kemudahan yang menarik. Saat investor ditempat lain harus menghabiskan waktu dan uang mereka untuk sesuatu yang lama, berbelit dan tidak pasti. Sementara, Batam terus berinovasi mempermudah investasi dan menyederhanakan prosesnya,” ungkap Ms. Deborah.

Dia juga menambahkan, usai melakukan kerja sama dengan Cina tahun lalu, perlahan Panama ingin melihat potensi besar lain di Asia khususnya pasar Asia Tenggara. Dirinya berjanji akan memberitahukan informasi tentang Batam kepada rekan-rekan pengusaha Panama dan berbagai negara lain di sekitar Amerika yang menjadi mitra dari negara Panama.

“Batam adalah bagian penting dari Asia Tenggara. Saya harap segera kami bisa melakukan suatu kerja sama dengan BP Batam,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha, Dwianto Eko Winaryo, meyakinkan bahwa kepastian dalam berusaha dijamin dalam regulasi saat ini, diantaranya, soal lahan dan perizinan yang semakin mudah baik disisi perizinan investasi maupun lalu lintas barang ekspor dan impor.

“Ditambah lagi kini seluruh perizinan berada di satu tempat yakni di Mall Pelayanan Publik. Selain menciptakan fleksibilitas dan kenyamanan bagi investor, BP Batam juga mengedepankan efisiensi waktu bagi investor dengan program i23J, dimana dengan 3 jam investor langsung mendapat kemudahan 8 produk perizinan,” ujar Dwianto.

Duta Besar Republik Panama dijadwalkan akan melakukan kunjungan ke sejumlah lokasi seperti Politeknik Negeri Batam, MRO Lion di Bandara HN, Kantor Pelabuhan Laut BP Batam, dan Kinema Studio.(r)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply