BI Kepri Dorong Elektronifikasi Transaksi di Pemda

BI Kepri Dorong Elektronifikasi Transaksi di Pemda
Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra. (net)

Batam (netrakepri.com) – Bank Indonesia Perwakilan Kepri mendorong elektronifikasi transaksi di lingkungan pemerintah daerah yang ada di Kepri untuk mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai.

“Di bidang sistem pembayaran dan pengelolaan uang rupiah, BI Kepri secara aktif mendorong elektronifikasi di lingkungan pemerintah daerah,” kata Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, seperti dilansir antarakepri.com, Kamis (28/12/2017).

Dikatakannya, September 2017 lalu, BI Kepri telah melakukan diskusi panel untuk implementasi transaksi nontunai di lingkungan kabupaten dan kota di Kepri.

“Acara itu untuk mendorong masing-masing pemerintah kota dan kabupaten agar segera mengimplementasikan penggunaan nontunai, terlebih setelah dikeluarkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri yang menegaskan pelaksanaan transaksi nontunai dilaksanakan paling lambat 1 Januari 2018,” kata dia.

Transaksi nontunai di pemerintah daerah meliputi seluruh transaksi penerimaan dan pengeluaran daerah. Selain itu, lanjutnya, BI Kepri juga mendorong elektronfikasi di pelabuhan ferry penumpang di Batam dan Tanjungpinang.

Untuk penggunaan non tunai di Pelabuhan, BI berkoordinasi dengan operator pelabuhan yaitu Badan Pengusahaan Kawasan Batam, PT Pelindo I, PT ASDP serta perbankan di wilayah kerja BI Kepri. BI Kepri juga melakukan pengembangan perluasan elektronifikasi transaksi nontunai di Pondok Pesantren Darul Falah dengan penerapan nontunai.

“Kami berhasil memfasilitasi Pondok Pesantren Darul Falah untuk bekerjasa sama dengan BNI Syariah dalam melakukan kerja sama mengubah transaksi pembayaran di lingkungan pesantren dari tunai menjadi nontunai,” kata dia. (ant)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply