by

Enam Destinasi Wisata Akan Dikembangkan di Batam

Batam (netrakepri.com) – Sebanyak enam jenis destinasi wisata di Batam akan dikembangkan yang diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Batam serta memberikan peluang kerja baru bagi masyarakat.

Deputi 5 BP Batam Bidang Pelayanan Umum, Bambang Purwanto, mengatakan enam jenis wisata tersebut yaitu kuliner dan belanja, budaya dan sejarah, alam dan ekowisata, olahraga dan rekreasi, kesehatan dan kebugaran serta wisata konvensi, insentif, pameran dan iven.

“Untuk wisata kuliner dan belanja kita akan membuat program pariwisata di pusat perbelanjaan sehingga menjadikan tujuan wisata, bentuk programnya great sale dan full day shopping,” ucap Bambang seperti dilansir antarakepri.com, Selasa (30/1/2018).

Dia mengungkapkan, pihaknya juga akan membuat program kegiatan seni dan budaya di pusat perbelanjaan serta menata pasar tradisional dengan konsep menarik agar dijadikan destinasi wisata baru.

Untuk wisata alam dan ekowisata, lanjut Bambang, pihaknya akan mengembangkan destinasi wisata di laut dan pantai serta waduk.

“Kebun dan hutan juga akan dimanfaatkan,” ujarnya. Disampaikannya, untuk wisata laut akan ditata, melengkapi sarana dan prasarana umum sekaligus memperbaiki pengelolaannya. Serta mendata potensi pantai baik yang telah menjadi tujuan wisata maupun yang belum.

Pihaknya juga akan menata dan membangun sarana serta prasarana kawasan hijau di sekitar waduk. Sedang di kebun dan hutan pihaknya akan mengembangkan agrobisnis di daerah Tanjung Riau Sekupang sebagai destinasi agrowisata sehingga bisa dijadikan aktivitas wisata hijau.

“Pengembangan wisata olahraga dan rekreasi adalah membangun sarana olahraga seperti membangun sarana jogging track dan taman sepeda di sekitar kawasan Dam Duriangkang dan pantai di sekitar Batam Centre dan membuat berbagai macam iven pertandingan olahraga,” katanya.

“Fokus mengembangkan pariwisata sudah menjadi arahan dari Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution,” katanya.(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed