by

Geopark Nasional di Natuna Diharapkan Berdampak pada Kesejahteraan

Penetapan kawasan Geopark Nasional di Kabupaten Natuna, diharapkan dapat mendorong kesejahteraan masyarakat setempat.

“Ini semakin memantapkan posisi Kepri sebagai salah satu destinasi wisata,” kata Sekretaris Daerah Kepri, Arif Fadillah usai menghadiri Rapat Koordinasi Tim Teknis Penyusun Rencana Tata Ruang Kabupaten Natuna dan Masterplan Geopark di Jakarta, Senin (11/3/2019).

Ia percaya, kehadiran geopark sebagai wahana wisata baru dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat.

Keberadaan Geopark di Natuna, dapat menimbulkan dampak efek domino yang dirasakan langsung masyarakat. Pertumbuhan ekonomi akan meningkat, begitu pula dengan kesejahteraan masyarakat.

“Wisatawan kalau ke tempat wisata biasanya ada saja yang dibelanjakan. Baik itu untuk penginapan, makan, transportasi bahkan hiburan. Banyak sekali perputaran uang dalam sebuah tempat wisata. Masyarakat harus menjaga dan memanfaatkan ini sebagai sarana untuk meningkatkan perekonomian,” kata Arif seperti dilansir antarakepri.com, Selasa 912/3/2019).

Saat ini, Natuna menjadi kawasan strategis nasional yang mendapatkan perhatian serius dari pemerintah pusat karena letaknya strategis, berbatasan dengan empat negara.

Karenanya, kata dia, pengembangan daerah wisata di Natuna harus turut mempertimbangkan aspek keamanan dan kedaulatan Negara.

“Konsep pengembangan wisata ini harus juga mengedepankan konsep keamanan dengan cara berkomunikasi dan bersinergi dengan pihak terkait khususnya TNI, baik darat, laut maupun udara,” kata dia.(ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed