by

Gubernur Kepri: Manfaatkan Teknologi Pertanian

(netrakepri.com) – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mengharapkan agar teknologi pertanian dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi. Apalagi, lanjut Nurdin, pasar pertanian di Kepri masih cukup besar. Hal itu dikatakan Gubernur Kepri saat menghadiri panen perdana jagung dan cabe di kawasan Gunung Bintan, Bintan, Senin (6/11/2017).

Dalam kesempatan itu, Nurdin melakukan panen jagung milik kelompok tani Budi Luhur. Di lokasi yang tidak jauh, dia juga melakukan panen perdana cabe milik Kelompok Tani Tunas Jaya. Gubernur senang dengan banyaknya kelompok tani yang fokus dengan produk unggulan. Apalagi yang ditanam berbeda-beda.

“Manajemen dalam mengelola hasil pertanian juga penting, sehingga hasil di pasar tidak anjlok ketika musim panen tiba,” kata Nurdin seperti dilansir media di Batam.

Kehadiran Gubernur Kepri saat itu tidak hanya untuk panen perdana, namun juga untuk memperkuat silaturahmi dengan petani, sekaligus menampung aspirasi kelompok tani dengan harapan dapat meningkatkan produksi mereka.

Kepada Gubernur Kepri, para petani menyampaikan harapan mereka agar bisa mendapat bantuan untuk peningkatan hasil panen, diantaranya, mesin hand tractor, bantuan pupuk subsidi, pupuk kandang dan bibit. Mereka juga minta bantuan mobil pick up untuk memudahkan pengangkutan hasil panen ke pasar dan alat-alat penyiraman.

“Hand tractor penting untuk menggarap lahan, karena selama kami hanya pakai cangkul. Jika ada hand tractor, kerja bisa efektif dalam menggarap lahan. Selain itu, mobil pick up untuk mengangkut hasil panen ke pasar,” ujar Sukatno, Ketua Kelompok Tani Budi Luhur.

Menanggapi hal itu, Nurdin mengatakan pihaknya segera memberi bantuan. Namun, bantuan peralatan pertanian yang diberikan nanti harus dijaga. Sehingga pemanfaatannya bisa lama.

“Kita sama-sama menjaga agar ekonomi masyarakat bergerak dan inflasi terus menurun,” ucap Nurdin lagi. (r/hk)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed