by

Gubernur Kepri Optimis Jembatan Batam-Bintan Mulai Dibangun 2019

(netrakepri.com) – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, optimis pembangunan jembatan Batam-Bintan akan dimulai pada 2019, sesuai komitmen Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Ya, akan dibangun pada 2019. Pembuat keputusannya dari Menteri PU,” kata Nurdin.

Meski Gubernur tidak memastikan apakah anggaran pembangunan sudah dimasukkan dalam APBN 2019, namun dengan komitmen Kementerian PUPR, ia yakin jembatan sepanjang 7 km itu akan segera terealisasi.

“Kemarin saya diperingatkan langsung oleh Menteri PU, sesuai pesan Presiden waktu saya rapat di Istana. Beliau meminta DED yang sederhana dulu, baru DED yang lebih teknis,” kata Gubernur seperti dilansir antarakepri, Selasa (27/11/2018).

Sementara pembangunan jembatan menggunakan dana dari pemerintah pusat, pemerintah daerah akan memastikan ketersediaan lahan untuk jembatan, termasuk di pulau-pulau yang dilewatinya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga membenarkan penyusutan dana untuk pembanguna jembatan dari Rp7 triliun menjadi Rp3,4 triliun, berdasarkan desain terbaru yang diajukan pemerintah.

“Kita memanfaatkan teknologi, biayanya turun drastis jadi Rp3,5 triliun,” kata Nurdin lagi.

Menurutnya, jembatan itu memiliki manfaat besar dalam menghubungkan dua pulau di Kepri ini. Selain sebagai media transportasi masyarakat kedua pulau, jembatan itu juga bisa menjadi tempat menopang pipa pembawa air dan pipa gas.

Apalagi, jumlah ketersediaan air bersih di Pulau Batam semakin berkurang, sedangkan di Pulau Bitan relatif masih mencukupi, bahkan untuk dipasok ke Batam. Dengan pipa, maka biaya angkut air bersih menjadi lebih efisien ketimbang diangkut menggunakan media lain.

Selain itu, Nurdin optimistis, pembangunan jembatan yang menghubungan Pulau Batam dengan Pulau Bintan dapat menggerakkan roda perekonomian nasional, mengingat di dua pulau itu terdapat Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed