by

IHGMA Batam Ingin Cetak SDM Andal via SMK Pariwisata

Batam (netrakepri.com) – Sektor Pariwisata di Kota Batam terus berkembang. Hal ini dibuktikan banyak yang menawarkan jasa perjalanan wisata, membuat atraksi wisata yang baru, dan juga banyak pembangunan hotel sebagai sarana akomodasi pariwisata. Untuk menunjang ini, Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai penggerak roda kepariwisataan menjadi sosok utama.

Sejalan dengan itu, Ketua Indonesian Hotel General Manager (IHGMA) Kota Batam, Alfanshah yang juga GM Vanilla Hotel Nagoya Batam managed by Mesa Hotels & Resorts, menyampaikan IHGMA Kota Batam turut serta dalam mempersiapkan SDM yang unggul melalui SMKN 2 Batam.

“Kami siap berkontribusi untuk membantu SMK Pariwisata Batam dalam mencetak SDM yang andal dan siap bersaing di industri pariwisata saat ini,” ucap Alfanshah saat IHGMA Kota Batam menghadiri acara yang bertajuk “Pengembangan SMK Pariwisata Pendukung Pariwisata” di SMKN 2 Batam, Jumat (21/9).

Dalam kesempatan itu dia mengusulkan ada program “GM mentorship for SMK”. Program tersebut, ucap Alfanshah, bertujuan agar ilmu di industri yang sebenarnya dapat disalurkan kepada murid SMK.

“Supaya mereka sudah siap bekerja saat lulus nanti,” paparnya lagi.

Anggota IHGMA sendiri yang hadir dalam acara tersebut antara lain GM Vanilla Hotel Batam, GM Horison Ultima King’s Batam, GM Harris Hotel Batam Centre, GM Allium Hotel, GM Nagoya Mansion Hotel & Residence, GM The Hill Hotel, dan GM Sahid Hotel Batam Centre.

Turut hadir Hadi Sutrisno, S.E, CHA selaku Corporate General Manager Brand Asana Aerowisata Hotels & Resorts, Ketua Umum DPP Asosiasi SMK Pariwisata Seluruh Indonesia dan sebagai Ketua Kelompok Kerja Tim Implementas Pendidikan Vokasi Pariwisata Kementrian Pariwisata RI. Dalam acara itu dia menjelaskan bahwa pentingnya mempersiapkan SDM yang siap tarung untuk dapat bersaing di industri yang sebenarnya.

“Dengan adanya komitmen bersama dari para GM yang tergabung dalam IHGMA ini, dapat semakin meningkatkan kualitas SDM melalui SMK dalam bidang kepariwisataan. Sehingga semakin banyak SDM yang memiliki wawasan kepariwisataan yang sejalan dengan pariwisata dan mampu bersaing dengan dunia luar,” ucapnya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed