by

Ironman, Pariwisata Terbaik di Indonesia

(netrakepri.com) – Ironman Kabupaten Bintan, ditetapkan Kementerian Pariwisata sebagai salah satu kegiatan pariwisata terbaik di Indonesia, karena melibatkan ribuan peserta dan penonton.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kemenpar, Guntur Sakti, mengatakan, Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi perhatian penuh terhadap Ironman yang diselenggarakan setiap tahun di Bintan.

“Kemenpar menilai Ironman hampir masuk dalam kategori mega kegiatan pariwisata di Indonesia, yang menarik. Kegiatan wisata olahraga ini sangat menarik perhatian dunia,” ucap Guntur seperti dilansir antarakepri.com, Rabu (18/7/2018).

Guntur mengatakan, Kemenpar memiliki komitmen mendukung Ironman setiap tahun. Dukungan yang diberikan tidak berupa anggaran karena terbentur dengan peraturan.

Kemenpar secara intensif membantu mempromosikan Ironman Bintan agar jumlah peserta dan penonton dari berbagai negara terus meningkat. Tahun 2017, jumlah peserta Ironman mencapai 1.200 orang, dan disaksikan oleh ribuan wisatawan mancanegara.

Keberhasilan pelaksanaan Ironman mendongkrak nama Bintan di tingkat nasional maupun dunia pariwisata internasional. Keberhasilan kegiatan pariwisata itu juga mendorong Menteri Pariwisata Arief Yahya meresmikan Ironman yang akan diselenggarakan di Bintan Agustus 2018 nanti.

Ironman, kata dia sebagai satu dari 100 kegiatan pariwisata yang masuk kalender nasional. Bahkan Ironman masuk 10 besar sebagai kegiatan pariwisata terbaik di Indonesia.

“Ironman dengan menempuh jarak 70,3 KM akan semakin menarik perhatian peserta dan wisman. Ini akan meningkatkan jumlah wisman yang berkunjung ke Indonesia,” ucapnya..

Selain Ironman, Guntur mengemukakan Kemenpar juga tertarik dengan Tour de Bintan dan Triathlon yang diselenggarakan Pemerintah Bintan. Ironman, Tour de Bintan dan Troathlon merupakan tiga dari dari enam kegiatan pariwisata asal Kepri yang masuk kalender nasional.

“Kegiatan pariwisata Bintan diharapkan senantiasa menjadi mesin pendongkrak kunjungan pariwisata di Bintan dan Indonesia,” katanya.

Ironman akan dipusatkan di Lagoi Bay, salah satu objek wisata di Lagoi, yang memiliki hamparan pantai berpasir putih, laguna, fasilitas lengkap, dan hotel kelas satu.

Ada tiga tahapan atau jalur yang harus dilewati peserta yaitu Perfect Swim Conditions sejauh 1,9 Km, Spectacular One-Lap Bike Course sejauh 90 Km dan Scenic Run Course sejauh 21, 1 KM.

Untuk Perfect Swim Conditions , perlombaan dimulai dari pantai berpasir putih yang menakjubkan. Atlet berenang di perairan sejuk di Teluk Lagoi dengan suhu 20 C.

Kemudian akan dilanjutkan denganSpectacular One-Lap Bike Course dimana peserta akan bersepeda di jalan berkelok-kelok melewati bagian barat laut pulau dengan hutan hijau lebat hingga pemandangan pantai yang fantastis. Terakhir, Scenic Run Course, atlet akan berlari 2 lap dengan pemandangan yang bervariasi dan menakjubkan di Danau Teluk Lagoi yang terawat, memberikan pelari kesempatan untuk bertemu dengan sesama atlet. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed