by

Jurus Cerdas Menghemat Uang di 2019

Tahun baru membuat Anda memiliki banyak resolusi baru untuk menjalani kehidupan selama 2019. Salah satu resolusi yang biasanya dibuat yaitu menghemat pengeluaran selama setahun.

Apakah Anda salah satu yang ingin menghemat pengeluaran di tahun ini? Mau tahu bagaimana caranya agar kita berhasil berhemat? Berikut empat tips luar biasa yang dapat Anda terapkan, pertama, mulailah membuat daftar anggaran bulanan

Jika Anda belum membuat perkiraann anggaran pengeluaran selama sebulan ini, maka mulailah untuk membuatnya. Anda dapat memulai dengan menulis pengeluaran apa saja yang setiap bulannya dikeluarkan, seperti tagihan sewa rumah per bulan, tagihan air, uang pulsa, dan biaya langganan tv. Dengan daftar anggaran ini dapat memudahkan untuk menjaga pengeluaran Anda setiap bulannya.

Kedua, hentikan kebiasaan boros Anda. Jika Anda memiliki kebiasaan yang dapat menguras isi dompet, lebih baik mulailah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Misalnya, jika Anda setiap pagi memiliki kebiasaan untuk mampir di salah satu kedai kopi hanya untuk membeli kopi yang segelasnya seharga Rp 50 ribu, maka mulailah untuk membuat kopi sachet sendiri. Selain murah, hal ini juga akan membantu Anda untuk menabung.

Ketiga, bandingkan harga. Jika Anda ingin membeli sesuatu barang, hal yang pertama dilakukan adalah pikirkanlah kembali apakah Anda benar-benar membutuhkan benda tersebut atau tidak.

Selain itu, mulailah untuk membanding harga barang tersebut di beberapa toko ataupun online store dan pilihlah yang termurah namun terpercaya keasliannya. Selain itu, usahakan Anda membeli barang tersebut di tempat yang menjanjikan cashback saat pembeliannya untuk membuat barang tersebut lebih murah lagi.

Keempat, tahanlah diri untuk tidak hangout di luar rumah. Jika Anda memiliki kebiasaan untuk berkumpul bersama teman di tempat luar, maka mulailah untuk mengurangi hal tersebut. Hal ini dapat membantu Anda untuk menghemat pengeluaran. Selain itu, mulailah untuk hangout di rumah saja hal ini akan lebih menghemat uang Anda lebih banyak. **

(sumber: liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed