by

“Kami Ingin Para Siswa Makin Cinta Bahasa Indonesia”

– Sekolah Maitreyawira Batam Gelar Bulan Bahasa tahun 2018

Batam (netrakepri.com) – Sekolah Maitreyawira Batam menggelar Bulan Bahasa tahun 2018 yang bersempena peringatan 90 tahun Sumpah Pemuda.

Ketua Panitia Bulan Bahasa di Sekolah Maitreyawira Batam, Nensy Suryati, mengatakan, kegiatan itu merupakan kolaborasi antara SD, SMP, SMA, dan SMK.

“Untuk kegiatan ini, kita mengambil tema “Untaian Kata Dalam Karya, Wujud Nyata Cinta Bahasa Indonesia. Kita ingin membumikan Bahasa Indonesia di kalangan siswa. Dan menjadikan Bahasa Indonesia tuan rumah di negeri sendiri. Semua kegiatan seluruhnya menggunakan Bahasa Indonesia,” jelas Nensy yang juga guru Bahasa Indonesia di sekolah tersebut.

“Kegiatan ini juga disejalankan dengan program literasi yang sejak tiga tahun lalu sudah dilaksanakan di sekolah ini. Kita tahu, selama ini budaya membaca bagi anak-anak masih kurang. Sekarang, sejak program literasi dilakukan, budaya baca di kalangan siswa sudah mulai meningkat. Kita ingin giatkan program ini,” ucap Nensy.

Dikatakannya, para Bulan Bahasa tahun 2018 ini, kegiatan difokuskan untuk internal Sekolah Maitreyawira Batam.

“Selain siswa dari seluruh tingkatan, kami juga membuka ruang pada mahasiswa di lingkungan yayasan Maitreyawira Batam. Kebetulan, pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan penerbit dan toko buku di Batam. Dalam kesempatan ini kami minta mereka untuk menawarkan buku dengan harga spesial,” ucapnya lagi.

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan Bulan Bahasa di lingkungan Sekolah Maitreyawira Batam, diharapkan, siswa bisa menggunakan bahasa Indonesia yang baik.

“Khususnya di ruang publik. Kita ingin mereka bangga menggunakan bahasa Indonesia,” terang Nensy.

Disampaikannya, saat ini banyak dilihat di ruang publik, penggunakaan bahasa Indonesia belum seperti yang diharapkan.

“Ditambah lagi bahasa di media sosial, seperti bahasa alay dan sejenisnya juga banyak digunakan oleh sebagian anak-anak. Dengan adanya Bulan Bahasa ini, diharapkan para siswa makin cinta pada Bahasa Indonesia,” pungkas Nensy yang juga humas di sekolah tersebut. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed