Kemenag Batam Tingkatkan Layanan Haji dan Umrah

Kemenag Batam Tingkatkan Layanan Haji dan Umrah
Kakan Kemenag Batam, H Erizal Abdullah. (netrakepri.com)

Batam (netrakepri.com) – Untuk memberikan kenyamanan bagi calon jamaah haji dan umrah, Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Batam, akan membuat Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu.

“Kini kita tengah merenovasi ruang siskohat yang dibantu oleh Pemerintah Kota Batam beberapa tahun lalu untuk dijadikan Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu,” ungkap Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Batam, H. Erizal Abdullah, Rabu (6/12/2017).

Dijelaskannya, di Pusat Pelayanan Haji dan Umrah Terpadu tersebut, seluruh layanan berkaitan pendaftaran haji dan rekomendasi umrah, bisa dilakukan di situ.

“Tujuannya untuk efisiensi waktu, tenaga, dan biaya. Kita juga akan menggandeng sejumlah bank syariah yang ada di Batam. Di tempat itu juga tersedia bermacam informasi yang berkaitan dengan haji dan umrah, agar masyarakat tahu banyak tentang perkembangan dan informasi yang berkaitan dengan haji dan umrah ,” papar mantan Kakan Kemenag Bintan ini.

Erizal melanjutkan, di Kantor Kemenag Batam juga akan dibuat Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

“Di pusat Pelayanan Terpadu Satu Pintu ini, seluruh layanan ada, mulai dari layanan untuk madrasah, pesantren, kemesjidan, dan lainnya. Masing-masing punya meja sendiri. Jika masyarakat datang, urusannya bisa diselesaikan tanpa menunggu waktu lama. Selesai urusan, bisa langsung pulang,” ujar Erizal menerangkan.

Untuk jangka panjang pada 2019, ucapnya lagi, Kemenag Batam tengah menyiapkan gambar untuk pelayanan haji yang lebih baik lagi.

“Nanti akan ada ruangan manasik haji yang representatif, mall pelayanan haji dan umrah terpadu, termasuk ada konter-konter bank syariah. Kita akan tempatkan staf-staf yang profesional yang memberikan layanan tentang haji dan umrah, ada ruang pejabat, dan ruangan staf yang lain,” papar Erizal.

“Tidak hanya itu, kita ingin tempat tersebut menjadi semacam lokasi simulasi tentang perjalanan haji dan umrah yang akan dilakukan oleh jamaah. Di situ ada miniatur Ka’bah, maket Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan lainnya,” ujarnya lagi.

“Desain gambar inilah yang tengah digesa penyelesaiannya. Diharapkan dalam waktu dekat bisa selesai dan diserahkan ke Kementrian Agama RI. Dengan harapan bisa dianggarkan untuk pembangunannya,” terang Erizal.

Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag

Sementara itu, menyambut Hari Amal Bhakti Kementrian Agama, Erizal memaparkan, saat ini di Kemenag Batam tengah diselenggarakan sejumlah kegiatan, seperti olahraga yang diikuti oleh banyak elemen dan ormas.

“Dalam olahraga ini bisa terlihat bagaimana kerukunan dapat terbangun dan meningkatkan kinerja khususnya seluruh pegawai di Kemenag Batam,” ucap Erizal.

“Dalam HAB Kemenag ini, ada sejumlah acara, seperti perkemahan pemuda lintas agama di Angkatan Laut pada 15 dan 16 Desember mendatang. Lalu, ada Zikir pada 31 Desember nanti yang akan diikuti sekitar 3000 peserta. Moment akhir tahun kita ambil untuk mendoakan Batam pada 2018 bisa lebih baik dari hari ini. Acara itu rencananya akan dihadiri Walikota Batam, Kepala BP Batam, Kakanwil Kemenag Kepri, dan tamu undangan. Lalu, pada 3 Januari 2018, upacara HAB Kemenag RI yang diisi dengan atraksi prestasi yang ditorehkan siswa di Batam, termasuk deklarasi dari seluruh peserta upacara untuk mendukung Batam kondusif, menolak radikalisme, dan menolak berita hoax,” tambahnya.

Selanjutnya, pada, 6 Januari 2018 akan digelar jalan santai kerukunan umat beragama yang akan diikuti oleh 20 ribu peserta. “Ini kerjasama dengan Pemko Batam, BP Batam, dan Polresta Barelang. Acara ini untuk memperlihatkan kerukunan umat beragama di Batam, kekondusifan di Batam, dan menjalin kebersamaan dalam membangun Batam,” paparnya lagi.

“Kami mengharapkan momentum HAB Kemenag RI bisa meningkatkan kinerja di internal Kemenag Batam, menguatkan koordinasi dengan lintas sektoral, menjalin komunikasi yang baik untuk mewujudkan Batam Bandar Dunia Madani,” pungkas Erizal. (is)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply