by

Kereta Bandara Minangkabau Beroperasi 2018

Kereta Bandara Internasional Minangkabau (KA BIM) akan beroperasi tahun depan. Saat beroperasi, satu rangkaian KA BIM mampu mengangkut hingga 348 penumpang.

Dalam pengoperasiannya, satu train set KA BIM terdiri dari 4 gerbong. KAI sendiri telah memesan 3 train set dari BUMN produsen KA, yaitu PT INKA.

Berbeda dengan KA bandara lainnya, KA BIM mampu menampung penumpang dalam kondisi duduk dan berdiri. Sehingga daya angkutnya bisa lebih banyak.

“Penumpangnya satu trainset 348 penumpang duduk sama berdiri,” kata Vice President Corporate Communication PT KAI, Agus Komarudin seperti dilansir detikFinance, Jumat (15/12/2017).

Agus menambahkan, KA yang dipesan dari INKA berjenis Kereta Rel Diesel Elektrik. Berbeda dengan KA Bandara Soekarno Hatta yang menggunakan Listrik Aliran Atas (LAA).

“Ini KRDE, Kereta Rel Diesel Elektrik, tapi tidak pakai LAA, rel diesel. Kaya Bandara Kualanamu lah tidak ada loc kaya tipe kereta dulu,” kata Agus.

Sebelum dioperasikan, KA BIM akan diuji coba terlebih dahulu. Uji coba rencananya dilakukan Februari 2018 mendatang setelah satu train set dari INKA datang.

KAI sendiri memesan tiga train set dengan masing-masing terdiri dari 4 gerbong. Train set pertama diperkirakan datang pada Februari 2018 dan dua lainnya menyusul di Maret 2018.

“Kalau dari program tahap satu itu rencananya Februari 2018 itu untuk satu train set, kemudian di Maret 2018 dua train set,” tutur Agus. (dc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed