by

Kodam I/Bukit Barisan Gandeng Bank BNI

– Penyaluran Tunkin Anggota Secara Non Tunai

Medan (netrakepri.com) – Kodam I/Bukit Barisan menggandeng BNI mengembangkan sistem penyaluran Pembayaran Tunjangan Kinerja (Tunkin) melalui non tunai/cashless. Kesepakatan itu ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) oleh Panglima Kodam I/ Bukit Barisan Mayor Jendral TNI, MS. Fadhilah dengan Direktur Hubungan Kelembagaan BNI, Susi Adi Sulistyowati serta dihadiri oleh CEO BNI Wilayah Padang area Sumbar, Riau dan Kepri, Hari Sundjojo, CEO BNI Wilayah Medan Noviyanto Harry Kristiono di Markas Kodam I/Bukit Barisan di Medan, Selasa (11/12). Ini dalam rangka mendukung program pemerintah dalam penciptaan Cashless Society yaitu Gerakan Nasional Non Tunai di masyarakat.

“Kami ingin mendidik prajurit untuk lebih bisa mengoptimalkan dukungan kesejahteraan dari pemerintah ini agar digunakan pada kegiatan yang lebih produktif, tidak semata untuk konsumtif,” kata Mayor Jenderal TNI MS. Fadhilah.

Sementara itu, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI, Susi Adi Sulistyowati menjelaskan, BNI akan membantu pengelolaan keuangan para prajurit sekaligus mengedukasi pengelolaan keuangan mereka untuk jangka panjang, salah satunya dalam bentuk tabungan.

BNI, lanjut dia, juga memberikan peluang lebih besar kepada prajurit yang ingin berinvestasi karena pembayaran tunkin tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu syarat atau jaminan memperoleh kredit investasi misalnya kredit kepemilikan rumah atau keperluan lainnya.

Susi menambahkan, pembayaran tunkin itu akan disalurkan melalui rekening perorangan yakni BNI Tappa (Taplus Pegawai) dengan dilengkapi kartu debit.

“Sebagai lembaga keuangan yang telah berpengalaman selama tujuh dekade di bidang finansial, BNI memiliki berbagai produk dan layanan yang dapat mempermudah pengelolaan keuangan Kodam I/Bukit Barisan serta sekaligus memfasilitasi kebutuhan jasa perbankan seluruh anggota TNI dan PNS di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan,” terang Susi dalam keterangan persnya, Selasa (11/12).

Selain dapat digunakan untuk memfasilitasi kredit kepemilikan rumah (BNI Griya), bank BNI memiliki produk yang dapat digunakan seperti Tabungan Pensiun (BNI Simponi) dan Tabungan Perencanaan (BNI Tapenas). Prajurit TNI juga dapat memanfaatkan fasilitas e-banking mulai dari SMS banking, internet banking, ATM, mobile banking, serta phone banking untuk melakukan transaksi dengan mudah seperti transaksi pembelian pulsa, listrik, tiket dan transaksi lainnya. Kerjasama tersebut diharapkan membuka kesempatan lebih besar untuk kerjasama lainnya seperti pengelolaan keuangan Kodam menggunakan BNI Cash Management dengan berbagai fungsi mulai dari inquiry/cek saldo, transfer hingga melakukan berbagai pembayaran termasuk pembayaran pajak secara bulk system. Disamping itu BNI juga memberikan solusi dalam pengelolaan anggaran belanja barang dan belanja modal Kodam I/Bukit Barisan yaitu melalui solusi pembiayaan Supply Chain Financing (SCF) dan Garansi Bank bagi para mitra vendor Kodam I/Bukit Barisan dengan berbagai penawaran istimewa.

“Semua solusi tersebut kami berikan guna mendukung terciptanya pengelolaan keuangan di lingkungan Kodam I/Bukit Barisan yang lebih transparan, efektif, efisien dan modern” pungkas Susi. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed