by

Kondisi Ekonomi Konsumen di Kepri Membaik

Tanjungpinang (netrakepri.com) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kepri menyampaikan, Indeks Tendensi Konsumen (ITK) di Provinsi Kepri triwulan III tahun 2018 sebesar 105,01. Angka ini menunjukan kondisi ekonomi konsumen di Kepri mengalami peningkatan signifikan dibandingkan triwulan sebelumnya.

“Peningkatan ekonomi konsumen itu didorong meningkatnya pengaruh inflasi terhadap konsumsi dengan total pengeluaran (nilai indeks 106,64) dan volume konsumsi (nilai indeks 117,32),” ujar Kepala BPS Kepri, Zulkipli seperti dilansir antarakepri.com, Jumat (9/11).

Kendati demikian, ucap Zulkipli, tingkat optimisme konsumen di Kepri justru menurun dibandingkan dengan triwulan II 2018 dengan indeks sebesar 122,78.

Dia memprediksi, nikai ITK Provinsi Kepri pada triwulan IV tahun 2018 diperkirakan sebesar 101,45, artinya kondisi ekonomi konsumen juga dimungkinkan meningkat di banding triwulan III 2018 ini.

Dia memperkirakan, potensi meningkatnya kondisi ekonomi di triwulan IV mendatang, disebabkan oleh naiknya indeks pendapatan rumah tangga sebesar 110,42.

“Untuk tingkat optimisme konsumen di triwulan IV diprediksi turun jika dibandingkan triwulan III,” tutupnya. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed