by

Lalu Muhammad Zohri Harumkan Indonesia di Kejuaraan Dunia Atletik U-20

Lalu Muhammad Zohri, pemuda berusia 18 tahun asal NTB berhasil menyabet juara dunia lari 100 meter putera dalam turnamen ‘IAAF World Championship U-20’ yang diselenggarakan di Kota Tempere, Finlandia, Rabu (11/7) waktu setempat.

Zohri berhasil menjadi juara dunia lari 100 meter setelah mengalahkan wakil asal Inggris, Dominic Ashwell, Daisuke Miyamoto (Jepang), Michael Stephens (Jamaika), Eric Harrison (Amerika Serikat), Henrik Larsson (Swedia), Thembo Monareng (Afrika Selatan) serta Anthony Schwartz (Amerika Serikat) yang menjadi favorit.

Zohri tampil gemilang di babak final yang berlangsung pada Rabu (11/7) waktu setempat. Ia menjadi pelari pertama yang melintasi finis dengan catatan waktu 10,18 detik. Zohri mengungguli dua pelari Amerika Serikat, Anthony Schwartz dan Eric Harrison yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Keberhasilan Zohri jadi juara ini merupakan sejarah besar bagi dunia atletik Indonesia dan juga dalam sejarah kejuaraan yang diperuntukkan bagi atlet U-20 ini. Pasalnya ini adalah hasil terbaik yang didapat pelari Indonesia di kejuaraan ini.

Tak hanya itu, catatan waktu Zohri hanya berbeda 0,01 detik dari catatan waktu terbaik pelari Indonesia di nomor 100 meter yang dimiliki oleh Suryo Agung Wibowo.

“Saya sangat gembira dengan keberhasilan mendapatkan catatan waktu terbaik dan rekor nasional untuk kategori junior.”

“Saat ini saya akan bersiap menghadapi Asian Games bulan depan. Saya sangat bangga. Ini adalah pengalaman yang luar biasa dan hebat untuk karier saya,” kata Zohri seperti dikutip dari situs IAAF.

Di atas kertas, Zohri bukanlah unggulan utama di Kejuaraan Dunia Junior meskipun dirinya berstatus sebagai juara Asia. Catatan waktu terbaik Zohri sebelum kejuaraan dimulai adalah 10,25 detik. (cn)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed