by

Maret 2018 Kebun Raya Batam Prelauching

Batam (netrakepri.com) – Menurut rencanya, pada 5 Maret 2018 mendatang, Kebun Raya Batam akan di-prelauching. Kebun Raya Batam akan menjadi salah satu daya tarik wisata baru bagi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara. Total keseluruhan anggaran untuk membangun Kebun Raya Batam mencapai Rp800 miliar dengan luas lahan 86 hektar.

Pada lokasi ini nantinya juga akan didirikan perpustakaan, laboratorium, gedung konservasi, Botanical Viewing Tower, gedung herbarium, Botanical Skyway, danau buatan, kolam air, gazebo serta beberapa zona untuk memudahkan pengunjung.

Kebun Raya Batam kini sudah memiliki 10 ribu jenis tanaman yang diambil dari pesisir pantau dan pulau-pulau kecil yang tersebar di Provinsi Kepri.

“Ciri khasnya tanaman jenis Nepenthes,” kata Irwan Saputra, Kepala Bidang Pertamanan dan Pemakanam Kota Batam, Jumat (27/10/2017).

Irwan menuturkan Nepenthes merupakan jenis tanaman karnivora dan merupakan salah satu tanaman untuk di konservasi.

“Biasanya kita sebut kantung semar,” jelas Irwan seperti dilansir antarakepri.com.

Irwan mengatakan, saat ini ada lima jenis kantung semar di Kebun Raya Batam, yaitu jenis gracilis, Ampularia, Tricocharpa, Rafflesiana dan Hokeriana.

“Kebun Raya Batam memang belum resmi dibuka untuk masyarakat umum. Namun beberapa sekolah dari semua tingkat kerap melakukan kunjungan,” katanya.

Selain itu lanjut Irwan, Kebun Raya Batam juga memiliki 3.017 jenis pohon yang juga didapat dari pesisir dan pulau-pulau di Kepri. (an/ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed