Mengapa Bangun Duluan Sebelum Alarm Berbunyi?

Mengapa Bangun Duluan Sebelum Alarm Berbunyi?
(net)

Saat mengatur alarm di malam hari, tujuan utamamu pasti adalah agar alarm bisa bertugas membangunkanmu di pagi hari agar kamu tak telat. Tapi nyatanya, kamu malah sering bangun sebelum alarm-mu berbunyi. Itulah yang sering dialami beberapa orang.

Tapi tahukah kamu mengapa sesekali kamu bangun lebih dulu sebelum alarm berbunyi?

Ternyata ini alasannya. Secara ilmiah, 24 jam biologis internalmu diatur oleh bagian otak bernama hipotalamus atau disebut juga inti suprachiasmatik, dan bagian ini mengatur rutinitas setiap hari.

Jika kamu tidur di jam 12 malam dan bangun di jam 8 pagi, tubuhmu akan terbiasa dengan pola kebiasaan tersebut. Siklus tidurmu akan diatur oleh suatu protein tertentu dan kadarnya naik dan turun selama seharian, mempengaruhi tekanan darah dan detak jantung.

Dan jika kamu mengikuti rutinitas tersebut, tidak jarang tubuh akan membuatmu bersiap-siap bangun sebelum pola bangun pagi yang biasa kamu alami, hanya untuk berjaga-jaga agar kamu ‘tidak telat’.

Tapi jika kamu tidur melebihi alarm yang kamu set dari awal, kemungkinan besar karena saat itu kamu kurang tidur. Karena secara alami, tubuh tahu berapa lama tidur yang kamu butuhkan dan kapan kamu harus bangun.

Jadi, ternyata itu dia alasannya mengapa sesekali kamu bangun sebelum alarm-mu berbunyi. (vc)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply