by

“Moral Etika Anak Jadi Perhatian Utama”

Batam (netrakepri.com) – “Moral dan etika anak merupakan hal utama dan menjadi perhatian khusus dalam proses pendidikan di Sekolah Maitreyawira Batam. Walaupun pintar seorang anak, namun tidak memiliki moral dan etika, juga tidak akan memberikan dampak positif pada si anak tersebut. Karena itu, hal ini menjadi titik fokus kami dalam proses belajar di sekolah ini.”

Demikian dikatakan Riandu, Kepala Divisi Administrasi dan Umum Sekolah Maitreyawira Batam, saat berbincang dengan netrakepri.com, Kamis (6/9).

Riandu mengungkapkan, apa yang dilakukan sekolahnya saat ini sejalan dengan program revolusi mental yang dicanangkan oleh pemerintah.

“Kurikulum yang kami terapkan disini sama dengan kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Namun, kami menitikberatkan persoalan moral dan etika anak saat berada di sekolah,” ucap Riandu lagi.

Dikatakannya, dalam proses belajar mengajar, pihaknya juga menerima masuk, saran, dan kritikan dari masyarakat.

“Ini tujuannya apa? Pasti untuk kebaikan kami juga. Kami terbuka dengan hal-hal seperti itu. Bagaimanapun juga, yang melihat kita ini adalah orang lain. Jika ada yang kurang pada kita, dan orang memberikan masukan, harus kita terima. Itulah salah satu bukti orang memperhatikan dan sayang terhadap kita,” ucapnya lagi.

Riandu melanjutkan, dengan sistem pengajaran yang dilakukan di Sekolah Maitreyawira saat ini, diharapkan, murid-murid di sekolah itu menjadi SDM yang unggul untuk diri sendiri dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Unggul untuk diri sendiri ini maksudnya bukan menjatuhkan orang lain, tapi bagaimana si anak bisa mengalahkan egonya dan bisa mendisiplinkan dirinya. Sebab, musuh yang terbesar itu adalah diri sendiri. Bagaimana si anak bisa disiplin, punya integritas, bagaimana dia memiliki rasa tanggungjawab, loyalitas, dan lainnya. Inilah yang menjadi tujuan program pendidikan sekolah ini,” paparnya lagi.

“Kami mengajarkan anak-anak agar bercermin pada diri sendiri, bukan pada orang lain,” tambah Riandu.

Ketika disinggung rencana penambahan sarana dan prasarana di sekolah tersebut, Riandu, mengungkapkan, hal itu memang masuk dalam perencanaan.

“Namun, kami akan melihat skala prioritas yang dibutuhkan. Penambahan gedung misalnya, itu merupakan program jangka panjang yayasan Maitreyawira. Yang pasti pembangunan di dunia pendidikan tidak akan pernah berhenti,” tuturnya menerangkan.

Riandu juga menyampaikan, misi dari Sekolah Maitreyawira salah satunya untuk mencerdaskan anak bangsa.

“Siapa pun bisa masuk sekolah disini. Apapun latar belakang sosialnya, tetap akan kita terima dan suport. Yang penting si anak mampu mengikuti semua pelajaran serta patuh pada program-program yang berlaku di sekolah ini,” pungkas Riandu. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed