by

Pasar Induk Jodoh Akan Dibersihkan

Batam (netrakepri.com) – Menurut rencana, Pemerintah Kota Batam, akan merapikan Pasar Induk yang berada di kawasan Jodoh.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, seperti dilansir antarakepri.com, Senin (8/1/2018), menyatakan meski belum mengantongi surat serah terima aset dari Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas Pelabuhan Bebas Batam, namun pembersihan bisa segera dimulai.

“Saya minta ada surat dari Kepala BP Batam agar bisa digunakan, dan sudah dia tandatangani,” kata Wali Kota.

Surat itu, kata dia, untuk memindahkan dan membersihkan Pasar Induk Jodoh, belum untuk membangun kembali.

Ia menegaskan, Kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo, sudah mengirim surat ke Kementerian Keuangan untuk pemindahan aset Pasar Induk Jodoh. Namun, belum mendapatkan respon dari kementerian.

Menurut dia, terlalu lama bila pembersihan Pasar Induk Jodoh harus menunggu restu dari Kementerian Keuangan. Dan legalitasnya cukup dengan surat dari Kepala BP Batam.

“Karena kami kerja mau cepat seperti instruksi Pak Presiden,” kata Wali Kota.

Berdasarkan pemetaan yang dilakukan Pemko Batam, saat ini terdapat 85 pedagang di kios-kios Pasar Induk Jodoh. Semuanya akan dipindahkan sementara ke tempat lain.

Setelah Pemko Batam mengantongi surat serah terima aset Pasar Induk Jodoh dari Kementerian Keuangan, perombakan akan dilakukan. Rencananya pasar yang baru terdiri dari 4 hingga lima lantai dan mampu menampung ribuan pedagang.

Seluruh pedagang pasar Tos 3.000 akan dipindahkan ke pasar induk yang baru.

“Jumlah kios tergantung jumlah pedagang di Jodoh,” kata Wali Kota. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed