by

Pemerintah Kembangkan Pariwisata Pulau Putri

Batam (netrakepri.com) – Pemerintah pusat bersama Pemerintah Kota Batam mengembangkan Pulau Putri agar salah satu pulau terdepan NKRI itu semakin berdaya tarik sebagai tempat wisata.

“Pulau Putri sedang dibangun supaya menjadi daya tarik wisata,” kata Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, seperti dilansir antarakepri.com, Rabu (11/4/2018).

Dikatakannya, di pulau itu akan dibangun sejumlah fasilitas wisata, taman-taman tempat pelancong bersantai.

“Nanti ada kolam, seperti Pulau Rano. Ada kolam, ada bibir pantai,” kata dia.

Bila warga tidak ingin menyeberang ke Pulau Putri, kata dia, bisa berlibur di Pantai Nongsa, yang terletak di seberang pulau yang berhadapan dengan perairan internasional itu.

Wali Kota menyatakan pemerintah juga akan membangun sejumlah fasilitas bersantai di Pantai Nongsa.

Dalam kesempatan lain, Wali Kota menyatakan Pemko Batam juga akan membangun pelabuhan kecil di Pulau Putri, untuk memudahkan wisatawan yang ingin plesiran ke sana.

“Di Pulau Putri akan disiapkan pelabuhan, sekarang baru setengah,” kata Wali Kota.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Pemkot Batam, Yudi Admaji, menyatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat akan membangun pemecah ombak di sekitar Pulau Putri.

“Pemecah ombak untuk memelihara pulau agar tidak abrasi,” kata dia.

Pemecah ombak diperlukan untuk melindungi pulau yang saat air pasang terlihat terbagi menjadi dua bagian, agar pulau itu tetap satu.

“Jadi bisa jalan kaki dari satu sisi ke sisi lain dengan aman,” kata dia.

Pulau Putri yang berpasir putih berhadapan dengan Selat Philips, berseberangan dengan Singapura dan Malaysia. Warga kota dan wisatawan domestik kerap mengunjungi pulau yang bisa dikunjungi dengan menyeberang menggunakan kapal kayu dari Pantai Nongsa itu.

Pelabuhan Pulau Putri nantinya diharapkan dapat menunjang pariwisata ke pulau yang luasnya tidak lebih dari dua kali lapangan sepak bola itu. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed