by

Pemprov Kepri Targetkan Swasembada Pangan pada 2020

(netrakepri.com) – Pemerintah Provinsi Kepri menargetkan swasembada pangan khususnya padi dan jagung pada 2020 dengan mengembangkan empat daerah sebagai kawasan pertanian kedua komoditas tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Kesehatan Hewan Pemprov Kepri, Ahmad Izhar, seperti dilansir antarakepri, Sabtu (27/1/2018) mengatakan, Pemprov Kepri telah menetapkan kawasan pertanian jagung dan padi di Bintan, Lingga, Kepulauan Anambas, dan Natuna.

“Dari empat daerah tersebut, Bintan dan Lingga yang paling potensial dikembangkan pertanian jagung dan padi. Dibanding padi, pertanian jagung lebih menggiurkan,” ujarnya.

Ahmad Izhar menjelaskan, pertanian jagung jenis pipil berkembang pesat di Kepri. Pada 2020, jagung pipil tidak hanya akan mampu memenuhi kebutuhan lokal, melainkan juga daerah lain.

Ia mengemukakan pengembangkan sektor pertanian di pulau-pulau sekitar Bintan, Lingga, Natuna dan Kepulauan Anambas gencar dilakukan pemerintah daerah dan pusat sejak beberapa tahun terakhir. Pembangunan sektor pertanian, khususnya padi membutuhkan waktu karena ada banyak hal teknis yang harus ditangani secara serius.

“Kami optimistis sektor pertanian dapat berkembang pesat,” ucapnya.

Ahmad Izhar mengatakan, pertanian merupakan sektor potensial yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat dan daerah. Pemprov Kepri mendukung sektor pertanian agar maju. Kelompok tani diberi pembinaan, selain bantuan-bantuan dalam bentuk lainnya.

“Pengawasan, pembinaan dan motivasi diberikan kepada kelompok tani secara rutin,” katanya. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed