“Potensi Bahari Kepri Luar Biasa”

“Potensi Bahari Kepri Luar Biasa”
Pimpinan Perusaan Netrakepri, Iswandi (kiri) dan Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar, di sela-sela acara Tembang Kenangan di di Horison Ultima King's Batam Hotel . (netrakepri.com)

Batam (netrakepri.com) – “Dengan luas wilayah perairan sampai 96 persen ditambah 2400 lebih pulau dengan 19 diantara merupakan pulau terdepan yang berdekatan dengan Singapura, Malaysia, dan Vietnam, menjadikan potensi bahari Kepri sangat luar biasa,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, saat berbincang dengan Pimpinan Perusahaan Netrakepri.com, Iswandi, di sela-sela acara Tembang Kenangan di Horison Ultima King’s Batam Hotel , Jumat malam (20/4/2018).

Karena itu, ucap Buralimar, arah kebijakan pariwisata Kepri lebih condong ke bahari. Dikatakannya, potensi bahari yang dimiliki Kepri sangat besar. “Bisa dilihat di Batam, Bintan, Karimun, dan daerah lainya,” paparnya lagi.

Pariwisata bahari itu, ucap Buralimar, sangat luas. “Untuk membangun destinasi wisata tidak terlepas dari beberapa faktor, seperti aksesibilitas, sarana dan prasarana, serta aksi atau atrakasi. Untuk yang poin ketiga ini, kita punya atraksi, baik itu alam, budaya, atraksi buatan. Ketiganya ini sangat luar biasa. Dapat kita lihat di Nongsa Batam dan daerah lainnya,” jelas Buralimar lagi.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan dalam meningkatkan ekonomi di Kepri.

“Dan media memiliki peranan penting dalam memperkenalkan pariwisata Kepri. Diharapkan ada salah satu media umum yang fokus menyiarkan tentang potensi dan kondisi serta destinasi pariwisata di Kepri,” papar Buralimar seraya menambahkan jika perikanan juga merupakan satu kekayaan laut Kepri.

Untuk mengembangkan dunia pariwisata ini, lanjutnya, Dinas Pariwisata Kepri tentu tidak bisa bekerja sendirian. Untuk itu, Buralimar mengajak seluruh instansi maupun masyarakat ikut berperan serta.

Dia berkeyakinan Kepri, destinasi pariwisata di Kepri tidak kalah dengan daerah lainnya di Indonesia, seperti Bali.

“Destinasi kita bisa sejajar dengan Bali. Sebut saja, kita punya Pulau Penyegat, Dompak, Natuna, Kampung bulan. Dan Insha Allah, pekan depan, di Tanjung Uma akan dilaksanakan pengecatan rumah-rumah agar memiliki daya tarik yang besar,” tambahnya lagi.

Buralimar juga mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung iven-iven yang diselenggarakan di tiap-tiap kota dan kabupaten di Kepri. “Sebab, kehadiran wisatawan mancanegara akan menjadi indikator dalam perkembangan pariwisata di Kepri,” terangnya lagi.

Terkait fasilitas, Buralimar menilai hotel-hotel yang ada di Kepri khususnya di Batam sudah cukup baik. Namun, dia tetap meminta agar perhotelan dan biro travel terus meningkatkan pelayanan terhadap wisatawan.

“Selain hotel, pembangunan jalan yang dilakukan di Batam juga sangat mendukung dunia pariwisata Kepri. Ini merupakan sarana vital,” pungkasnya. (is)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply