by

“Ramadhan Sarana Melatih Diri”

Batam (netrakepri.com) – “Ramadhan merupakan bulan yang tepat sebagai sarana melatih diri dan jiwa untuk menjadi orang bertaqwa. Ramadhan juga sebuah ‘forum’ melatih diri agar bisa memperoleh akhlak yang lebih baik, sesuai yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.” Demikian dikatakan oleh Purnomo Andiantono, Biro Pengembangan Manajemen Kinerja Badan Pengusahaan (BP) Batam, saat berbincang dengan netrakepri.com, Senin (4/6/2018).

Dikatakannya, secara umum, taqwa itu adalah mengerjakan seluruh apa yang diperintahkan Allah SWT dan meninggalkan segala hal yang dilarangNya.

Ciri-ciri orang bertaqwa yang paling sederhana, lanjut Andi, adalah, pertama, bersedekah, baik dalam kondisi lapang maupun sempit.

“Yang kedua, bisa menahan marah, sedangkan yang ketiga, suka memberi maaf kepada manusia,” paparnya lagi.

“Hal ini sesuai dengan Surah Ali Imran ayat 133 yang artinya, ‘Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (QS. 3:133), dan Surah Ali Imran ayat 134 yang artinya, ‘(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. (QS. 3:134),” jelas Andi.

Terkait dengan hal ini, Andi berharap, seluruh pegawai di BP Batam dapat mengambil hikmah dari Ramadhan yang dijalani saat ini.

“Kita berharap, kinerja pegawai BP Batam bisa meningkat, dengan muaranya, pelayanan kepada masyarakat bisa maksimal,” ucapnya lagi.

Mantan Direktur Promosi dan Humas BP Batam ini mengatakan, posisinya sebagai Kepala Biro Pengembangan Manajemen Kinerja di Kedeputian Bidang Perencanaan dan Pengembangan BP Batam sangat bersinggungan dengan kepegawaian.

“Urusan kepegawaian ada di biro saya. Kami selalu berkoordinasi dengan bagian SDM. Kita bisa memberi reward dan punishment,” terangnya lagi.

“Jadi, kami mengharapkan, jadikanlah Ramadhan sebagai bulan yang baik dalam meningkatkan kinerja dan sarana untuk meningkatkan kualitas diri,” pungkas Andi. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed