Sriwijaya Air Akan Layani Penerbangan Ke Karimun

Sriwijaya Air Akan Layani Penerbangan Ke Karimun
Sriwijaya Air. (net)

(netrakepri.com) – Maskapai penerbangan Sriwijaya Air akan melayani penerbangan ke Tanjung Balai Karimun. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kepelabuhanan dan Kebandarudaraan Dinas Perhubungan Kabupaten Karimun, Erly Sandhya Suputra, seperti dilansir antarakepri, Rabu (8/11/2017).

“Alhamdulillah, dari upaya kita mengajukan rute penerbangan kepada dua maskapai penerbangan, Sriwijaya Air memberikan lampu hijau untuk melayani penerbangan ke Karimun,” kata Erly.

Sebelumnya Dishub Karimun mengusulkan rute penerbangan dari dan tujuan Bandara Raja Abdullah di Bati, Kecamatan Tebing, Kabupaten Karimun kepada maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air.

Namun, saat ini baru Sriwijaya Air yang memberi kepastian akan melayani rute dari dan tujuan Karimun.

“Lion Air masih dalam proses, kita harapkan Lion Air juga melakukan hal yang sama,” katanya.

Meski telah disetujui, kata Erly, maskapai tersebut belum bisa menerbangkan pesawatnya menuju Karimun. Sebab, untuk Provinsi Kepri, beberapa kabupaten lain seperti Dabo, Letung dan Natuna belum menyerahkan datanya kepada maskapai tersebut.

“Jadi untuk di Kepri baru Karimun saja yang lengkap datanya, Dabo, Letung dan Natuna belum lengkap,” katanya.

Kelengkapan data tersebut, menurut dia, satu keharusan mengingat maskapai ini merupakan maskapai komersial yang akan melayani rute Karimun-Dabo-Letung dan Natuna.

“Mereka setujui untuk terbang sembilan jam dalam sehari di Kepri,” katanya.

Artinya meskipun Kabupaten maritim ini telah memenuhi data yang dimaksud, namun kabupaten lainnya tidak melengkapi, maskapai tersebut tetap saja tidak bisa melakukan penerbangan komersial hanya tujuan Karimun.

“Jadi harus sama-sama,” katanya.

Mengenai penambahan landasan pacu Bandara Raja Abdullah, dia mengatakan, masih menunggu kajian dari Pemerintah Provinsi Kepri.

“Penambahan ‘run way’ sedang dikaji amdalnya oleh Dishub Provinsi,” katanya.

Kajian amdal diperlukan untuk penambahan panjang landasan pacu dari 1.400 meter menjadi 1.800 meter. (ant)

Most view article

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply