by

Tips Jalankan Usaha Bareng Keluarga

Berbicara tentang usaha tentulah sangat menarik. Semua orang bisa membuka usaha sesuai dengan yang mereka inginkan. Apalagi pada zaman yang serba canggih ini, dengan mudah orang dapat memulai usaha lewat cara yang dapat dikatakan cukup mudah, semisal online shop mulai dari kategori fesyen hingga kuliner.

Hanya dengan memanfaatkan smartphone, menjalankan usaha bisa dilaksanakan. Namun, agar usaha berjalan lancar, dibutuhkan orang-orang yang memiliki kemampuan dan pemikiran yang matang agar usahanya tidak hancur di tengah jalan.

Dalam menjalankan usaha, Anda dapat mempekerjakan orang dari luar maupun keluarga sendiri. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, jika dari luar keluarga, pemilik usaha harus meluangkan waktu untuk belajar memahami karakter orang tersebut. Sebab itu merupakan hal yang sangat penting.

Jika dari dalam keluarga, usaha tersebut sulitlah berjalan dengan profesional ketika terjadi perselisihan. Meskipun demikian, buat Anda yang ingin mulai menjalankan usaha bersama keluarga atau kerabat, jangan takut.

Dikutip dari Cermati.com, berikut ini tips-tips jalankan usaha bersama keluarga.

1. Bicarakan Bersama Usaha yang akan Dijalankan

Bicarakan usaha apa yang akan Anda dan keluarga jalankan. Bicarakan juga apa tujuan dan yang harus dilakukan dalam melaksanakan usaha tersebut. Semua hal yang bersangkutan dengan usaha haruslah dibicarakan dan dipahami bersama.

Dalam pembicaraan ini, Anda akan dapat melihat tentang apa yang menjadi kemampuan dari anggota keluarga sehingga mampu membangun usaha secara bersama-sama.

2. Tentukan Pembagian Tugas dan Saling Berkomitmen

Setelah melakukan diskusi mengenai usaha yang akan dilakukan, bagilah tugas kepada setiap orang. Tentu setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Anda harus pandai menempatkan anggota keluarga pada tugas yang tepat.

Dengan melakukan pembagian tugas, semua akan mendapat tanggung jawab yang berbeda dan hal itu akan mencegah terjadinya perselisihan di kemudian hari. Dengan berjalannya tanggung jawab, komitmen dalam setiap diri pun akan terbangun dengan sendirinya.

3. Buatlah Perjanjian Hukum

Walaupun usaha dijalankan bersama keluarga, profesionalitas tetap harus dijaga. Agar tidak terjadi perselisihan besar nantinya, Anda dan keluarga harus saling membuat perjanjian berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Sehingga tidak ada perasaan saling tak enak jika usahanya tidak terjalan dengan baik. Isi dari perjanjian ini bukan hanya kesepakatan bersama, melainkan juga menyangkut segala pembiayaan dan pembagian hasil dari keuntungan perusahaan.

4. Selalu Saling Menjaga Komunikasi

Komunikasi merupakan hal terpenting dalam sebuah hubungan. Begitu pula dalam usaha. Ketika komunikasi tidak berjalan dengan baik, segalanya akan berjalan dengan buruk.

Untuk itu, Anda dan keluarga haruslah menjalin komunikasi dengan baik. Untuk melaksanakannya, Anda bisa melakukan pertemuan dalam waktu tertentu dan membicarakan hal-hal yang penting, tapi tetap menyenangkan.

5. Jauhkan Diri dari Sikap Pongah

Ketika sikap berubah menjadi pongah, saat itu pula kehancuran usaha mulai terjadi. Ketika usaha melambung tinggi, jangan pernah berpikir bahwa itu terjadi karena keberhasilan Anda semata.

Perusahaan dapat memiliki keuntungan yang tinggi atau berhasil terjadi karena kerja sama dan keharmonisan setiap para anggota perusahaan. Jadi, ketika perusahaan berjaya, itu semua adalah keberhasilan setiap orang sehingga tidak ada rasa pongah. Dengan begitu, hubungan persaudaraan pun akan semakin kuat.

Membangun Rasa Tanggung Jawab Ketika Menjalankan Usaha

Usaha merupakan hal yang sangat menjanjikan sekarang ini, apalagi dengan mudah kita dapat menjalankan usaha. Menjalankan usaha bersama keluarga diperlukan tanggung jawab dan profesionalitas yang tinggi.

Membangun usaha bersama kerabat sangat menyenangkan bila mampu menopang tanggung jawab dan mampu melaksanakan komitmen yang ditetapkan. Dalam membangun usaha bersama keluarga, selain rasa bahagia ketika usaha berhasil, hubungan kekeluargaan juga akan semakin kuat.**

(sumber: www.liputan6.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed