by

Waspadai Risiko Inflasi Akibat Cuaca

Batam (netrakepri.com) – Wakil Ketua TPID Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengungkapkan, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepri meminta seluruh pihak terkait untuk mewaspadai risiko inflasi yang disebabkan oleh cuaca.

“Perlu waspadai beberapa risiko pendorong inflasi di Kepri antara lain angin musim utara yang masih berlangsung menyebabkan gelombang tinggi yang dapat mengakibatkan terhambatnya jalur distribusi dari dan ke wilayah Kepri,” kata Gusti.

Dikatakannya, cuaca buruk dikhawatirkan dapat menghambat distribusi bahan makanan serta dapat memicu kelangkaan pasokan ikan laut karena terbatasnya aktivitas nelayan.

“Sehingga harga ikan laut meningkat dan mendorong inflasi pada kelompok bahan makanan,” paparnya lagi seperti dilansir antarakepri.com, Minggu (10/2/2019).

Dia melanjutkan, curah hujan tinggi pada awal tahun juga dikhawatirkan mengganggu masa panen tanaman pangan, dan memicu inflasi pada kelompok bahan makanan.

Selain itu, TPID meminta seluruh pihak terkait mewaspadai potensi kenaikan harga beras seiring dengan masih berlangsungnya musim tanam namun belum memasuki musim panen yang dapat memicu kelangkaan pasokan beras.

Di juga mengatakan, peningkatan permintaan tiket angkutan udara menjelang Hari Raya Imlek, rencana pemerintah untuk menaikan tarif batas bawah komoditas angkutan udara serta penerapan bagasi berbayar dapat memberikan tekanan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan terutama pada komoditas tarif angkutan udara, lanjut Gusti.

Kemudian potensi inflasi juga terjadi pada kelompok perumahan, air, listrik, gas dan bahan bakar akibat penyesuaian tarif dan upah pada awal tahun. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed