by

10 Negara Ini Aman untuk Wanita

Tepat di Hari Perempuan Internasional Maret lalu, Swedia dinyatakan sebagai negara terbaik untuk ditinggali oleh wanita. Swedia dianggap memberi rasa nyaman dan tenang bagi wanita. Seperti yang kita ketahui, wanita seringkali mendapat perlakuan tidak adil. Melalui survey yang dilakukan A.S. News & World Report seperti yang dilansir dari thisisinsider.com dari 80 negara di dunia, didapat 10 peringkat teratas untuk negara yang terbaik untuk wanita.

Survei dilakukan kepada 21.000 pemimpin perusahaan, masyarakat umum untuk memberikan pertimbangan bagaimana 80 negara tersebut dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada wanita. Nilai tertinggi meliputi masalah hak asasi manusia, kualitas gender, persamaan pendapatan, keamanan dan kemajuan.

Ini 10 negara yang memberikan rasa aman dan nyaman untuk ditinggali wanita. Pertama, Swedia. Negara ini memiliki kesetaraan gender yang baik, maka tidak mengherankan jika Swedia dinobatkan sebagai negara ternyaman untuk ditinggali wanita. Kedua, Denmark. Memiliki peraturan cuti yang baik untuk memenuhi hak pegawai wanita, Tidak hanya itu masalah gaji pun sangat diperhatikan. Tidak mengherankan jika Denmark dinilai sebagai negara terbaik kedua untuk ditinggali wanita.

Ketiga, Norwegia. Negara terbaik ketiga untuk wanita. Di Norwegia seorang ibu mendapatkan hak cuti selama 35 minggu dengan gaji penuh, dan 45 minggu dengan 80% gaji. Keempat, Belanda. Sangat memberikan akses yang mudah untuk menjamin perawatan saat melahirkan dan dengan biaya yang ditanggung oleh negara. Kelima, Kanada. Melindungi hak-hak perempuan di sebagian kebijakan domestik dan luar negeri bagian negara Amerika Utara ini.

Keenam, Finlandia. Negara pertama yang memberikan hak pilih kepada wanita. Tidak hanya itu, Finlandia juga merupakan negara pertama yang melegalkan hak pilih secara universal. Tujuh, Swiss. Negara ini membanggakan keragamannya, dan sikapnya yang terbuka tercermin dalam sikapnya terhadap hak-hak perempuan. Delapan, Australia. Merupakan negara dengan partisipasi acara olahraga yang imbang antara pria dan perempuan. Australia juga memiliki harapan hidup yang tinggi tidak hanya bagi pria tapi juga perempuan.

Sembilan, Austria. Kaya akan budaya, demokrasi dan berpenduduk dengan penghasilan tinggi ini adalah negara terbaik kesembilan di dunia untuk perempuan. Kesepuluh, Selandia Baru. Negara kesepuluh yang memilihara kesetaraan gender dengan baik. Tidak hanya itu Selandia Baru pun sangat memelihara perdamaian di dunia ini.(vc)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed