by

Apa Itu Kebebasan Finansial? Ini Penjelasannya

Kemerdekaan secara finansial menjadi salah satu hal yang paling diinginkan oleh semua orang. Namun belum banyak yang mengetahui mengenai definisi dari kebebasan finansial atau kemerdekaan secara keuangan.

Perencana Keuangan dari Mitra Rencana Edukasi (MRE), Mike Rini, mengatakan bebas secara keuangan adalah ketika seseorang tidak perlu lagi khawatir untuk memenuhi pengeluaran untuk kebutuhan hidupnya. Karena seseorang tersebut sudah memiliki penghasilan yang bisa memenuhi kebutuhan hidup tersebut tanpa harus bekerja.

Baca juga :  Banyak Peluang Usaha di Tengah Pandemi

“Kita tidak khawatir lagi mengenai bagaimana memenuhi pengeluaran hidup kita yang standar lah. Karena dia sudah ada dengan sendirinya tanpa harus bekerja,” ujarnya, Selasa (17/8/2020).

Salah satu yang menjadi standarisasi dari pemenuhannya adalah kebutuhan sehari-hari untuk makan. Namun, menurut Mike, syaratnya, pemenuhan kebutuhan hidup ini harus terus berjalan secara sutain atau terus menerus.

Baca juga :  Gubernur Kepri Optimis Jembatan Batam-Bintan Mulai Dibangun 2019

“Kebutuhan hidup kita yang standar itu cukup dan terjamin gitu. Dari jumlahnya itu kecukupan dan keberlangsungannya itu selalu ada. Jadi dalam jumlah yang cukup dan kontinu sustainable,” jelasnya.

Menurut Mike, untuk menuju kebebasan keuangan memang membutuhkan beberapa tahapan. Pertama adalah memang memiliki penghasilan dari pekerjaan utamanya.

Setelah itu penghasilan tersebut bisa dikelola lagi untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Barulah penghasilan tambahan tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya secara berkelanjutan.

Baca juga :  "Terima kasih pada Seluruh Relasi"

“Kalau disebut kemandirian finansial itu bagaimana mencukupi kebutuhan hidup dan kontinu. Menurut saya sih seperti itu. Kebutuhan kita kan terpenuhi karena kita ada sumber keuangan. Kebutuhan hidup ini kan karakternya terus menerus. Sehingga kemandirian finansial itu sangat dekat sangat erat dengan memiliki sumber keuangan seumur hidup,” jelasnya.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed