by

Apa Khasiat Mandi dengan Air Dingin?

Di tengah wabah corona yang belum jelas kapan berakhir ini, semua orang mulai rajin untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mereka, salah satu caranya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi, sebagaimana dianjurkan para ahli.

Namun tahukah Anda, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ternyata bisa dilakukan dengan cara kebalikan dari apa yang disebut di atas.

Menurut sebuah studi di Inggris, dengan rutin mandi menggunakan air dingin, dapat meningkatkan produksi sel darah putih, yang mana untuk memerangi beberapa jenis penyakit.

Menurut temuan para peneliti dari Thrombosis Research Institute itu, pada tubuh manusia yang berusaha mengembalikan suhu normal, saat atau usai mandi dengan air dingin, menunjukan angka rata-rata metabolisme yang meningkat, memicu diaktifkannya sistem imunitas tubuh, selain juga meningkatkan produksi sel darah putih seperti disebut di atas.

Sementara itu menurut studi Jerman, yang tidak terkait dengan studi Inggris tersebut, mereka yang sudah terbiasa berenang dalam kondisi yang dingin (dalam hal ini musim dingin di Eropa), memiliki tubuh yang lebih baik dalam melawan stres oksidatif, atau ketika terjadinya ketidakseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan di dalam tubuh. demikian seperti dilansir laman Dr. Weil.*

(sumber: fin.co.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed