by

Apa Saja Keuntungan Jadi Freelancer?

Ingin mendapatkan tambahan penghasilan disamping gaji utama? Freelancer bisa menjadi solusinya, apalagi jika waktu kerja dapat disesuaikan dengan jadwal utama.

Selain itu, bagi yang memiliki banyak waktu luang, bisa menjadikan pekerjaan freelancer ini sebagai kegiatan sehari-hari. Selain untuk menambah penghasilan, bisa juga untuk mengasah soft skill dan menambah pengetahuan.

Mengutip dari buku 99 Tips Jitu Jadi Freelancer Sukses Untuk Mahasiswa karya Ery Yuni Wijanti dan Dewi Anggiani, Minggu (14/3/2021) berikut keuntungan menjadi freelancer.

Baca juga :  Bagaimana Mengelola Keuangan Saat Ramadhan?

Pertama, Mendapat Penghasilan Tambahan

Ini merupakan alasan yang paling menggiurkan dan diharapkan semua orang. Ketika memiliki penghasilan tambahan jadi tidak perlu lagi meminta kepada orang tua untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kedua, Latihan Wirausaha

Jika ingin menjadi seorang wirausaha, mengawali karir menjadi seorang freelancer merupakan salah satu langkah yang tepat. Dengan bekerja freelancer akan membuat terbiasa bekerja mandiri mencapai target yang diinginkan. Inilah salah satu kunci sukses wirausaha.

Ketiga, Waktu Kerja Fleksibel

Baca juga :  Indonesia Jumpa Myanmar di Semifinal

Freelancer bisa memilih waktu yang sesuai untuk bekerja. Sebab itu, bisa mengatur waktu kerja di sela-sela jadwal utama. Jika memiliki jadwal kerja utama pagi, bisa bekerja di sore atau malam hari, begitupun sebaliknya.

Keempat, Bekerja sesuai skill

Sebagai freelancer pemula, pilih pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan. Jika pekerjaan yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik, akan menambah jam terbang yang bisa dimasukkan ke portofolio.

Kelima, Jadi Bos untuk Diri Sendiri

Menjadi freelancer artinya siap bekerja all out sendiri. Secara tidak langsung menjadi pemilik perusahaan merangkap direktur keuangan dan manajer operasional. Terlebih jika memulai bekerja dengan mencari klien, melakukan negosiasi bisnis dan mengerjakan proyek yang disepakati.

Baca juga :  Luis Milla Incar Kemenangan Pertama atas Tim Timur Tengah

Enam, Membuka Peluang Karir Baru

Dengan menjadi freelancer, akan membuka peluang-peluang karir yang selama ini mungkin tidak pernah terpikirkan. Kemampuan dan keahlian akan terasah dengan baik. Serta bisa mendapatkan ilmu baru yang secara tidak langsung akan mengasah soft skill.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed