by

Apa Saja yang Membuat Rumah Nyaman Ditempati?

Tinggal di rumah yang nyaman tentu menjadi impian semua orang. Setiap orang tentu ingin agar rumahnya selalu terlihat menawan. Sehingga pemilik rumah maupun tamu merasa betah berlama-lama di dalam rumah.

Untuk mewujudkan hal itu, desain dan dekorasi rumah menjadi hal penting yang harus diperhatikan dengan benar. Ada sejumlah elemen penting yang wajib ada di rumah agar membuatnya nyaman sekaligus tampak cantik.

Dilansir dari Real Simple, Rabu (10/3/2021), Kristen Pena, desainer interior dan pemilik K Interiors, mengungkapkan beberapa elemen penting yang mampu membuat rumah tampak indah secara tampilan, namun tetap memberi kenyamanan.

Baca juga :  Diskon Paket Perjalanan Wisata Bakal Ditebar

Pertama, Tone yang Seimbang

Buatlah ruang monokromatik yang sejuk dan lebih nyaman dengan menambahkan tone atau rona hangat. Misalnya, di ruangan yang didekorasi dengan warna biru dan abu-abu, Pena menyarankan untuk memasukkan aksen kayu atau karya seni yang menampilkan warna kuning alami untuk menciptakan suasana yang lebih santai. Tone yang berlawanan akan saling melengkapi dan memberikan tampilan yang utuh.

Kedua, Tanaman Hijau

Pena menyebut, tanaman harus selalu ada dalam semua desain miliknya. Hal ini karena tanaman dapat membantu mengisi ruang dengan biaya lebih rendah daripada furnitur. Tanaman hijau juga dapat menciptakan rasa tenang serta kesinambungan dengan lingkungan luar. Pilih tanaman yang sesuai dengan ruangan. Jika ruangannya minimalis, pilih pot dengan anyaman keranjang yang dapat menambah daya tarik.

Baca juga :  Juni 2020, Kunjungan Wisman Turun 88,82 Persen

Tiga, Tekstur

Pada ruangan netral tanpa banyak warna, tekstur menambah kesan kehangatan. Pilih setidaknya tiga bahan yang bervariasi (seperti linen, kulit, macramé, dan serat kayu) untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman. Tekstur sangat berpengaruh di kamar tidur, di mana kebanyakan orang tidak ingin terlalu banyak warna atau pola yang mengganggu, tetapi tetap ingin ruangannya terasa mewah.

Keempat, Wallpaper

Baca juga :  "Ngikan" Kuliner Ikan buka di Batam

Jika ruangan memiliki detail arsitektural, seperti lis dinding atau rel kursi, menambahkan sedikit pola pada dinding dapat menambahkan kesan ‘hidup’ pada ruangan tanpa investasi besar. Wallpaper dapat menambah kekompleksan tekstur, memberikan warna, serta memasukkan pola-pola.

Lima, Cat

Palet yang konsisten akan menciptakan aliran di seluruh rumah. Tidak harus menggunakan warna yang sama di setiap ruangan, tetapi pilih warna yang serupa. Misalnya, abu-abu muda di ruang tamu dengan warna putih di dapur. Di area yang lebih kecil atau tersembunyi, buat pilihan cat yang lebih berani untuk menambah karakter.*

(sumber: okezone)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed