by

Aptikom Gelar Pelatihan Jurnalis untuk Dosen Komputer di Indonesia

Pengurus Pusat Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (Aptikom) mengadakan pelatihan jurnalis bagi dosen komputer pada, Sabtu (16/5/2020).

Ketua Panitia Pelaksana, Solikin, mengatakan, pelatihan ini untuk melatih dosen komputer yang merupakan anggota Aptikom untuk bisa menulis berita kegiatan Aptikom di masing-masing provinsi.

Para peserta pelatihan jurnalis Aptikom. (istimewa)

“Banyak kegiatan Aptikom yang tidak terliput dengan baik, padahal ini adalah historical organisasi, sehingga dengan kegiatan ini kami berharap supaya pengurus Aptikom di tiap provinsi dapat mendokumentasikan kegiatan dengan baik,” ujar Solikin.

Dia juga berharap setelah kegiatan ini bisa muncul semangat baru setelah pandemik ini.

“Kami merasa bahagia dan banyak masukan untuk DPP. Mulai sekarang mari kita tanamkan bahwa menulis digital adalah bagian dari kehidupan sehari-hari,” tutup Solikin

Kegiatan yang dilaksanakan melalui webinar online ini diikuti oleh perwakilan dari pengurus Aptikom di 33 provinsi. Tiap provinsi diwajibkan mengirimkan masing-masing 2 orang perwakilan. Tampil sebagai narasumber, H.Sarnapi, wartawan senior HU Pikiran Rakyat.

Sementara itu, Nina Kurnia Hikmawati, Wasekjend Aptikom Pusat, menyampaikan, Aptikom wilayah dapat menyiapkan konten yang khasan sesuai dengan provinsi masing-masing.

“Sesuai arahan ketua umum, kami berharap agar Pengurus Aptikom di wilayah dapat mencari kekhasan di wilayahnya untuk disiapkan menjadi konten digital serta dapat bekerja sama dengan industri di daerahnya masing-masing,” tutur Nina.

Dalam kesempatan itu, Fendi Hidayat, salah seorang peserta dari Aptikom Kepulauan Riau mengharapkan ada pelatihan lanjutan dari kegiatan ini.

“Harapan saya, lanjutan dari kegiatan ini Aptikom dapat menggandeng PWI atau AJI untuk mengadakan Sekolah Jurnalis yang tersertifikasi,” ujar Fendi.

Selain itu, dosen Universitas Batam ini juga berharap Aptikom dapat membuat platform media digital untuk edukasi kepada dosen dan mahasiswa komputer di Indonesia untuk meningkatkan skill dan knowledge di bidang komputasi. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed