by

Bagaimana Agar Bisnis Berjalan Aman di Tengah Pandemi?

Memulai bisnis di tengah pandemi seperti saat ini tentu perlu mewaspadai berbagai hal. Tujuannya supaya bisnis dapat berjalan dengan aman.

“Mereka harus tahu menjaga cashflow, karena waktu penjualan mereka terbatas. Kalau biasanya bisa dari pagi sampe jam 10 malam, atau ada yang 24 jam, sekarang tidak bisa, boleh buka sampe batas PPKM, sehingga bener-bener harus dijaga cashflow-nya,” ujar Perencana Keuangan Eko Endarto dilansir Okezone, Jumat (19/3/2021).

Baca juga :  Hannover Messe Gaet Industri Batam dalam Pameran Akbar 2020

Hal pertama yang perlu dicatat untuk bisnis di tengah pandemi adalah pengeluaran dan pemasukan secara rutin. Kedua, perlu diperhatikan barang atau produk yang dijadikan bisnis. Karena selama pandemi, waktu untuk berdagang sangat terbatas.

“Kedua, perhatikan barang dagangannya, asetnya mereka. Kalau asetnya adalah barang-barang yang cepat rusak, maka ya jangan stok barang banyak-banyak, dan kalau tidak cepat rusak juga tidak harus banyak-banyak sekali, karena orang beli juga terbatas akibat waktu yang terbatas. Jadi perhatikan benar, bagaimana stoknya,” jelas Eko.

Baca juga :  Kelamaan di Rumah? Coba Liburan Staycation di Montigo Resorts

Selain memperhatikan barang dan waktu penjualan. Terakhir yang perlu diwaspadai adalah soal hutang piutang. Selama berbisnis kita pasti memiliki hutang untuk keperluan masing-masing. Perhatikan utang piutang dengan benar supaya tidak jadi kerugian di masa yang akan datang.

“Ketiga, yang harus dipastikan juga masalah utang, beberapa bisnis ada yang bayarnya belakangan, boleh ambil barang bayarnya belakangan. Ada juga mengutangkan kepada orang lain, nah itu harus diatur dengan benar. Karena ketika kondisinya seperti sekarang, banyak orang yang juga kesulitan nih. Jadi hati-hati untuk memberikan pinjaman, hati-hati memberikan kemudahan pada orang lain untuk membayar belakangan,” ungkapnya.

Baca juga :  Investor Asal Korea Kunjungi BP Batam

Resiko market berbisnis selama pandemi sangat besar. Jadi harus benar-benar tahu bagaimana mengatur tim manajemennya. *

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed