by

Bagaimana Agar Bisnis Food Truck Bertahan Lama?

Bisnis food truck telah cukup berkemban terutama di kawasan kota-kota besar di Indonesia. Konsep unik yang diusung food truck menjadi inovasi menarik dalam memberi pengalaman kuliner baru bagi masyarakat.

Food truck sendiri merupakan jenis bisnis yang memiliki konsep menjual makanan di dalam mobil berukuran besar. Banyak pelaku bisnis kuliner memilih strategi ini untuk menjalankan bisnisnya. Pasalnya, berjualan makanan menggunakan mobil artinya tidak perlu mengeluarkan uang untuk menyewa tempat.

Dilansir dari The Balance Small Business, Jakarta, Sabtu (30/1/2021), sebelum memulai bisnis food truck ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Tujuannya unutk membuat bisnis ini bertahan lama dan semakin berkembang.

Baca juga :  Nikmati Ramadhan Mubarak di Radisson Golf & Convention Center Batam. Ini Programnya

Pertama, Perizinan Lokasi

Salah satu keuntungan terbesar yang dimiliki food truck dibandingkan restoran tradisional adalah dapat berkeliling membawa makanan ke pelanggan. Namun, sering kali food truck tidak bisa membuka toko di tempat yang ramai, karena terkendala perizinan.

Maka penting untuk mengetahui terlebih dahulu apakah suatu daerah mengizinkan food truck atau tidak. Temukan tempat ramai yang dapat bebas untuk berjualan, atau jika perlu coba ajukan perizinan.

Baca juga :  Ini Industri yang Bertahan saat Pandemi

Kedua, Jual Menu Selain Burger dan Sandwich

Kebanyakan food truck menjual makanan praktis seperti burger dan sandwich. Namun, tidak ada salahnya untuk mulai menjual menu makanan yang lebih imajinatif, seperti cupcakes, sushi, atau pizza.

Selain itu, saat ini banyak konsumen yang mencari pilihan makanan yang lebih sehat. Maka, coba lakukan penyesuaian menu food truk dengan menyajikan lebih banyak bahan organik yang ditanam secara lokal.

Baca juga :  Pandemi Covid, Investasi di Batam Berada pada Tren Positif

Ketiga, Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu alat periklanan terbaik bagi bisnis food truck. Twitter dan Facebook mengizinkan truk makanan untuk memposting lokasi harian atau mingguan mereka, sementara Instagram menawarkan platform untuk menampilkan item menu dan menu spesial harian.

Selain itu, media sosial juga merupakan cara terbaik untuk membangun merek dan ikatan yang lebih kuat dengan pelanggan. Maka manfaatkanlah platform gratis ini untuk meraup keuntungan yang lebih besar.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed