by

Bagaimana Gaji Tidak Seimbang dengan Pekerjaan?

Mendapatkan gaji yang tidak sesuai dengan beban kerja merupakan hal menjengkelkan. Hal ini akan membuat semangat kerja menurun, bahkan memengaruhi kinerja.

Kasus ini bisa terjadi sebab beberapa alasan, seperti perusahaan masih dalam tahap rintisan, sehingga anggarannya belum cukup untuk menggaji secara layak. Bisa juga karena perusahaan tengah menyimpan anggaran besarnya untuk kepentingan di masa depan.

Namun jika sudah terlalu parah, jangan diam saja jika mengalami hal seperti ini. Dikutip dari postingan Instagram Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa (9/2/2021) lakukan 4 hal ini jika terjadi kasus gaji tidak sesuai dengan beban kerja.

Baca juga :  BP Batam Sosialisasikan Perubahan Tarif Layanan Pengelolaan KPLI-B3 Kabil

Pertama, Hitung dan Sesuaikan Gaji dengan Beban Kerja

Jika mendapat gaji terlalu sedikit dibanding dengan tenaga yang dikeluarkan ketika bekerja jangan terlalu buru-buru kecewa. Coba perhatikan kembali job desc. Korelasikan hal tersebut dengan kemampuan yang kamu miliki serta jam kerja yang selama ini kamu jalani.

Kedua, Diskusikan dengan Senior

Coba diskusikan kepada senior yang berpengalaman. Tanyakan apakah dia mengalami hal ini juga atau tidak. Siapa tahu perusahaan memang memiliki sistem kerja seperti itu. Minta juga saran kepada senior untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga :  Jelang Ramadhan, PLN Batam Hadirkan “Pasti Nyambung & Granada”

Tiga, Konsultasikan dengan Atasan

Beban kerja yang terlalu berat akan berpengaruh pada kondisi fisik dan mental pekerja. Terlebih mendapat gaji yang tidak sebanding. Jika dirasa perusahaan sudah keterlaluan, coba konsultasikan dengan atasan. Ceritakan kondisi yang sebenarnya terjadi dan berikan pernyataan dengan sopan bahwa merasa keberatan dengan gaji yang di dapat.

Baca juga :  BP Batam Berbagi Kebahagiaan dengan Masyarakat

Keempat, Pikirkan untuk Resign

Setelah semua cara sudah dilakukan, tetapi belum ada respon baik dari perusahaan, maka pikirkan dan pertimbangkan untuk resign. Sebab membiarkan masalah tersebut berlarut-larut akan membuat stress dan tidak fokus bekerja.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed