by

Bagaimana Ketika Keluarga Pinjam Uang?

Urusan pinjam meminjam uang terjadi di tengah masyarakat. Lalu, bagaimana jika ada keluarga yang meminjam uang? Dilansir dari realsimple.com, Kamis (24/12/2020) bagaimana meminjamkan uang ke anggota keluarga.

Pertama, Tentukan Perjanjiannya

Pastikan bagaimana syarat pembayarannya kembali. Secara bertahap atau sekali bayar, dan berapa lama jangka waktunya. Buatlah perjanjian yang tertulis dan disepakati bersama.

Baca juga :  April 2018, Citilink Maskapai Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Perjanjian ini menolong hubungan keluarga Anda nantinya. Ketika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, ini juga bisa jadi bukti.

Kedua, Tetapkan Batasan

Ingatkan kerabat tentang kontrak/perjanjian mereka. Jika jumlahnya masih kurang bisa langsung konsultasi dengan keluarga terkait.

Akankah meminjamkan uang lagi atau ini untuk yang terakhir kali. Tegaskan untuk tidak bermain-main saat proses peminjaman uang.

Baca juga :  "Ayo Kenali Keistimewaaan Pajak di Batam"

Ketiga, Lindungi Diri dan Keluarga

Saat membantu keluarga secara finansial, pastikan untuk menjaga kredit/nilai keuangan keluarga Anda. Jangan sampai karena meminjamkan uang, keuangan keluarga dan diri Anda terancam.

Jika pinjaman yang diajukan begitu besar, upayakan untuk menuliskan persyaratan yang jelas. Sungguh-sungguh dalam mempertimbangkan bisa atau tidak meminjamkan uang.

Pada akhirnya, terkadang meminjamkan dana kepada keluarga membuat Anda terjebak di antara hubungan dan uang. Jika berada di tengah situasi keuangan yang tidak pasti, pertimbangkan kembali dan anggap ini sebagai pengalaman.*

Baca juga :  Coastal Area Akan Jadi Pusat Ekowisata

(sumber: okezon.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed