by

Bagaimana Menyelamatkan Bisnis dari Kebangkrutan?

Tidak semua usaha yang dikelola menemui jalan mulus. Terkadang ada kendala hingga menemui risiko mengalami kebangkrutan.

Dilansir dari The Balance, Jakarta, Sabtu (19/12/2020), terdapat beberapa alternatif yang dapat diambil untuk menyelamatkan seseorang dari kebangkrutan. Jika pada akhirnya harus mengajukan kebangkrutan, seseorang akan merasa tenang ketika mengetahui cara lain untuk menghindarinya.

Ada sejumlah hal untuk menghindarkan diri dari kebangkrutan bisnis.

Pertama, Menjual Beberapa Aset

Menjual beberapa aset yang dapat disisihkan untuk melunasi utang dengan segera. Ambil tindakan tersebut jika dirasa tidak mampu melakukan pembayaran. Ketika terlalu lama menunggu penghasilan biasa dan terlambat melakukan pembayaran, jalan kebangkrutan akan segera dialami dan tidak bisa menghidar tindak lebih lanjut dari kreditor.

Kedua, Buat Anggaran untuk Keluar dari Utang

Buatlah anggaran terbaru untuk memotong apa saja kebutuhan yang tidak terlalu penting. Sisa uang hasil pemotongan tersebut dapat digunakan untuk melunasi utang sehingga kebangkrutan bisa dihindari.

Baca juga :  Kakan Kemenag Kota Batam Tinjau MA Iskandar Muda

Ketika sudah terbiasa hidup dengan anggaran, selain terhindari dari kebangkrutan pengeluaran bulanan dapat dikontrol dengan baik. Kemudian cara tersebut juga bisa digunakan untuk mencari penghasilan tambahan.

Ketiga, Minta Bantuan Kreditur

Beri tahu kreditur ketika sedang mengalami kesulitan keuangan. Tunjukkan kesediaan untuk membayar hutang dan tanyakan apakah mereka dapat membantu meringankan beban dengan menurunkan pembayaran bulanan atau menurunkan suku bunga.

Banyak perusahaan kartu kredit dan bank memiliki program kesulitan yang ditujukan untuk situasi seperti ini. Sebelum mengikuti program tersebut, pastikan pembayaran bulanan dan suku bunga benar-benar turun. Jika tidak, pemohon bisa terjebak dengan pembayaran minimum yang lebih tinggi.

Baca juga :  Radisson Hotel Batam Hadirkan Ride Your Bike with Fun

Keempat, Cari Konseling Kredit Konsumen

Mintalah bantuan seorang profesional untuk mengatasi permasalahan ini. Temukan konselor kredit konsumen yang memiliki pengalaman bekerja dengan kreditor untuk mengurangi pembayaran dan suku bunga.

Konselor kredit konsumen dapat membantu proses bekerja sama dengan kreditor untuk menyusun rencana pengelolaan utang guna melunasi utang dengan jangka waktu tertentu. Pembayaran rencana pengelolaan utang mungkin tampak di luar jangkauan, tetapi jika diperhatikan, mungkin terdapat lubang di anggaran yang memungkinkan untuk melakukan pembayaran.

Kelima, Dapatkan Bantuan dari Orang Terdekat

Biasanya meminjam uang dengan orang terdekat, seperti keluarga dan teman adalah pilihan yang buruk. Namun, terdapat pengecualian jika mengalami kondisi kebangkrutan.

Pertimbangkan dengan cermat berapa banyak bantuan yang dibutuhkan. Kemudian, mintalah keluarga atau teman untuk melakukan peminjaman. Jangan lupa untuk membuat perencanaan pelunasan utang kepada mereka ketika kondisi keuangan sudah membaik.

Baca juga :  Penerbangan Penumpang di Bandara Hang Nadim Batam Mulai Beroperasi

Keenam, Selesaikan dengan Kreditur dan Penagih Utang

Penyelesaian utang biasanya umum dihindari orang banyak. Namun, ketika menghadapi jurang kebangkrutan hal itu tidaklah normal. Lebih baik menyelesaikan pelunasan utang dari pada harus mengajukan kebangkrutan perusahaan.

Pertama, jangan gunakan perusahaan atau konseling penyelesaian utang. Terlalu banyak waktu dan uang ekstra untuk perusahaan-perusahaan ini. Kedua, jangan melunasi hutang apa pun yang pembayarannya lancar.

Terus lakukan pembayaran minimum atas setiap utang untuk menjaga reputasi yang baik. Sebaliknya, fokuslah pada utang yang telah dibebankan atau dikirim ke penagihan. Terakhir, bersiaplah untuk membayar jumlah penyelesaian sekaligus setelah kesepakatan dibuat.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed