by

Batam 2nd Floor Fest Pelangi Nusantara 2021 Digelar 25-28 November 2022

Gelaran Pelangi Nusantara 2021 dengan mengusung tema Batam 2nd Floor Fest Pelangi Nusantara bakal digelar di bukit Gendang pulau Rempang Kecamatan Galang Kota Batam bakal digelar pada 25 s.d 28 November 2021 mendatang.

Iven kolaborasi antara TNI Angkatan Udara dengan Pemerintah Kota Batam ini diharapkan bisa membangkitkan kembali industri pariwisata di Provinsi Kepri khususnya Kota Batam yang terdampak akibat pandemi covid-19.

Komandan Lanud Hang Nadim Batam, Letkol (Pnb) Iwan Setiawan didampingi oleh Kadisops Lanud Hang Nadim, Mayor Lek Wardoyo saat acara Media Gathering dan Press Conference Batam 2nd Floor Fest Pelangi Nusantara, Senin, 15 November 2021 malam di lapangan Mako Lanud Hang Nadim Batam mengatakan, iven empat hari itu diisi dengan sejumlah kegiatan.

Iwan menjelaskan, tujuan dilaksanakannya iven ini adalah untuk memperkenalkan jenis-jenis olahraga kedirgantaraan kepada masyarakat Kepri dan juga mancanegara.

Baca juga :  Garuda Indonesia Luncurkan Livery Pesawat "Bermasker" Pertama di Indonesia

Selain itu, melalui iven ini dapat menumbuhkan rasa bangga serta rasa memiliki Angkatan Udara sebagai bagian dari Bangsa Indonesia.

“Melalui iven ini diharapkan meningkatkan minat generasi emas Indonesia untuk lebih mencintai olahraga kedirgantaraan,” ucapnya.

Disampaikannya juga, dipilihnya Kota Batam sebagai tempat pelaksanaan Pelangi Nusantara itu adalah karena Kota Batam memiliki sebuah tempat yang cocok untuk olahraga Paralayang yakni di wilayah Sembulang.

“Nantinya Bukit Gendang yang ada di Sembulang akan diresmikan sebagai tempat olahraga Paralayang dan dinyatakan sebagai Aero Sport Center di Batam,” tuturnya seperti dilansir haluankepri.com.

Dia juga menuturkan, iven Pelangi Nusantara ini akan dibarengi dengan penyerahan bantuan paket sembako kepada 2000 masyarakat yang ada disana serta penanaman 14.000 bibit pohon.

Baca juga :  BKKBN Kepri dan BNNP Kepri Gelar Talkshow "Yang Muda Yang Berkarya"

Untuk simbolisnya, akan dilakukan penanaman 10 pohon serta melepas lebih kurang 50 ekor Burung Perkutut.

Adapun jumlah peserta Pelangi Nusantara tahun 2021, sejak dibuka pendaftaran untuk Paralayang pada September lalu, hingga kini jumlah peserta yang mendaftar mencapai 453 peserta.

“Awalnya peserta yang mendaftar untuk Paralayang sekitar 453 orang, namun kita undur. Lalu kita hilangkan Trip of Indonesia. Seiring berjalannya waktu, dari para peserta Paralayang menginginkan dibukanya kembali Trip of Indonesia di Batam, akhirnya kita buka dengan target 80 peserta,” paparnya.

Disebutkannya, sampai kini peserta Paralayang yang sudah mendaftar sebayak 145 peserta yang sebagian berasal dari Yogyakarta, Jakarta, Solo, Malang, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Pihaknya berharap dengan iven ini, olahraga Paralayang akan lebih dikenal oleh masyarakat Kepri, sehingga akan memunculkan atlit-atlit Paralayang yang akan mengharumkan Kepri di kancah internasional.

Baca juga :  Kadisbudpar Batam Bagikan Masker di Kampung Bule

“Selain itu, lokasi ini nantinya akan menjadi destinasi objek pariwisata baru di Batam, yang menawarkan keindahan Kota Batam dilihat dari lantai dua dengan menggunakan Paralayang,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Batam, Said Khaidar memberikan apresiasi kepada pihak TNI Angkatan Udara.

Dia berharap dengan dilaksanakannya event ini bisa menjadi magnit untuk menarik para wisatawan yang hobi dengan olahraga yang bisa memacu adrenalin ini.

“Apresiasi besar kepada Lanud Hang Nadim Batam atas terobosan barunya di dunia pariwisata Batam. Kita berharap akan muncul atlet-atlet bertalenta di olahraga Paralayang, yang akan mengharumkan nama Kepri terkhusus Kota Batam yang kita cintai ini,” bebernya. (r)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed