by

Berapa Persiapan Dana Darurat Selama Pandemi Covid-19?

Kebutuhan mendadak selalu menjadi suatu hal yang tidak dapat dihindari. Apalagi di tengah pandemi. Secara umum, segala yang bersifat darurat sudah pasti harus dipenuhi saat itu juga, bagaimana pun caranya.

Oleh sebab itu, sudah selayaknya menyiapkan dana darurat sedini mungkin, agar tetap siap dalam menghadapi suatu urgensi yang mendesak.

Berapa besaran kebutuhan dana darurat yang perlu dipersiapkan? Pastinya akan berbeda di tiap-tiap keluarga.

Baca juga :  2020, Ini Platform Bisnis yang Patut Dicoba

Berikut penjelasannya seperti dilansir dari buku Succesful Financial Planner oleh Prof. Dr. Adler H. Manurung, R.F.C., Lutfi T. Rizky, S.E., M.M., R.F.A., Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Pertama, secara teori, kebutuhan dana darurat bagi perorangan yang belum menikah atau tidak mempunyai tanggungan, sedikitnya sebesar 3 hingga 6 bulan kebutuhan hidup sehari-hari.

Jumlah 3 bulan dibutuhkan karena tidak memiliki tanggungan, sehingga tidak ada orang lain yang harus juga menanggung derita apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga :  Eceng Gondok di Waduk Duriangkang Dibersihkan

Kedua, kebutuhan dana darurat untuk keluarga kecil dengan 2 orang anak, sedikitnya sebesar 6 hingga 12 bulan kebutuhan hidup sehari-hari.

Ketiga, kebutuhan dana darurat untuk keluarga besar dengan 3 orang anak atau lebih, sebesar lebih dari 12 bulan kebutuhan hidup sehari-hari.

Pada intinya, perbedaan besaran tersebut akan tergantung dari situasi perorangan atau keluarga tersebut dan tergantung dari seberapa banyak jumlah anggota keluarga yang menjadi tanggungan.*

Baca juga :  Maudy Ayunda Ngerasa Cantik dengan Rambut Panjang

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed