by

BI Kepri Siapkan Uang Tunai Rp3 T

Batam (netrakepri.com) – Sebanyak Rp3 triliun uang tunai disiapkan Bank Indonesia Kepri guna menghadapi kebutuhan masyarakat Kepri saat Ramadhan dan Idul Fitri 1439 H.

Kepala Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, mengatakan pihaknya memperkirakan kebutuhan uang tunai pada Ramadhan tahun ini meningkat 15,3 persen dibanding tahun sebelumnya, atau meningkat dari Rp2,4 triliun menjadi Rp3 triliun.

“BI siap memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang tunai dan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri,” kata dia seperti dilansir antarakepri.com, Senin (21/5/2018).

BI juga telah menyiapkan layanan kas selama periode tersebut, melalui jaringan kantor BI sendiri maupun jaringan perbankan.

Peningkatan kebutuhan uang tunai dipengaruhi sejumlah hal, antara lain tren pertumbuhan uang kartal dan preferensi perbankan ke pecahan Rp100.000 dan kebijakan pemerintah menambah libur dan cuti bersama selama 3 hari kerja sehingga total hari libur menjadi 12 hari.

Dengan bertambahnya masa libur dan cuti bersama, maka diperkirakan masyarakat akan lebih banyak membelanjakan uangnya.

Kemudian, wacana kenaikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparat Sipil Negara dan pensiunan juga menambah kebutuhan uang tunai masyarakat. Penambahan lokasi distribusi uang berupa kas titipan oleh BI juga menyebabkan kebutuhan uang tunai meningkat.

Rencananya, BI Kepri akan membuka layanan penukaran uang pecahan kecil melalui program BI Jangkau di Kabupaten Kepulauan Anambas Anambas yang termasuk daerah Terdepan, Terluar dan Terpencil (3T).

“Kami bekerja sama dengan BPD Riau Kepri,” pungkas Gusti. (ant)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed