by

BI: Konsumsi Rumah Tangga Bakal Lebih Baik pada 2018

(netrakepri.com) – Bank Indonesia (BI) menyatakan secara umum konsumsi rumah tangga di Indonesia pada tahun ini cenderung tidak tumbuh jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Namun demikian, pada 2018 diyakini konsumsi rumah tangga ini akan kembali meningkat.

Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter BI, Dody Budi Waluyo, mengatakan meski telah memasuki akhir tahun, konsumsi rumah tangga hanya tumbuh sedikit. Hal ini dapat dilihat dari penjualan di ritel yang meningkat hanya 2,5 persen.

“Konsumsi rumah saat ini relatif tumbuh secara terbatas. Artinya, beberapa indikator, misal ritel sales hanya tumbuh 2,5 persen, relatif belum berubah dibanding bulan lalu. Konsumsi juga belum terlalu banyak terlihat, seperti di makanan dan minuman,” ujar dia di Jakarta, Jumat (15/12/2017).

Sedangkan untuk kelompok masyarakat menengah ke atas, kata dia, masih cenderung menahan belanjanya dan menyimpang uangnya di tabungan. Sekalipun kelompok ini mengeluarkan uangnya, bukan digunakan untuk berbelanja, melainkan untuk kebutuhan yang sifatnya hiburan, seperti berwisata.

“Jadi indikator di kelompok menengah atas menahan konsumsi dan banyak gunakan dana yang diperoleh untuk tabungan atau deposito atau saham. Bahkan, untuk kegiatan yang sifatnya leisure. Kami perkirakan konsumsi rumah tangga tahun ini relatif tidak tumbuh tinggi dari 2016,” kata Dody.

“Ini indikator ada semacam penahanan dari keinginan konsumsi masyarakat dan permodalan income masyarakat yang relatif berkurang untuk kelompok masyarakat tertentu,” katanya.

Meski demikian, Dody meyakini pada tahun depan konsumsi rumah tangga akan kembali meningkat. Salah satunya didorong oleh program pemerintah melalui bantuan sosial (bansos).

“Ini di-address secara baik oleh pemerintah melalui bansos cash for work yang nanti alokasinya juga akan berjalan di 2018. Kami lihat di 2018 konsumsi masih akan baik. Salah satunya karena dorongan fiskal pemerintah,” ujar dia. (l6)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed