by

Bila Waktunya Siapkan Dana Pendidikan Anak?

Biaya pendidikan dari tahun ke tahun terus meningkat. Karena itu, jika tidak dipersiapkan sejak awal, bisa membuat orang tua kewalahan.

Menurut Co-Founder dan Head of Adviser Jouska Indah Hapsari, dana pendidikan harus dipikirkan oleh orang tua karena, selain kewajiban, biaya pendidikan di Indonesia tergolong mahal. Ditambah lagi, Indonesia belum memiliki regulasi yang membatasi harga pendidikan.

“Orang tua masih berpikir bahwa harga mahal sama dengan bagus. Karena, sistem pendidikan belum merata,” ujar Indah dalam acara financial talk Shopback dan Jouska ‘Menyiapkan Dana Pendidikan Anak Secara Bijak’ di Jakarta beberapa waktu lalu.

Pentingnya menyiapkan dana pendidikan anak juga tak lepas dari inflasi biaya sekolah yang tinggi. Rata-rata, kata Indah, inflasinya mencapai 15 persen per tahun.

Lantas, kapan waktu ideal menyiapkannya? Indah mengatakan, idealnya dana pendidikan disiapkan ketika anak sudah lahir. Hal ini karena orang tua akan lebih mudah dalam menghitung jangka waktunya.

Misalnya, orang tua punya keinginan menyekolahkan anak di Sekolah A ketika berusia dua tahun dengan perkiraan biaya masuk sekolah Rp20 juta. Artinya, dalam waktu dua tahun, orang tua harus menyiapkan dana Rp20 juta dengan dikalikan inflasi setiap tahunnya.

Selain itu, orang tua juga bisa memutuskan instrumen investasi apa yang dipilih untuk memenuhi dana tersebut.*

(sumber: viva.co.id)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed