by

Bintan Siapkan SOP Protokol Kesehatan Sambut Wisatawan di Era New Normal

Di era new normal, Bintan siap menyambut wisatawan. Sederet protokol kesehatan pun diterapkan di sejumlah destinasi wisata.

Salah satu objek wisata unggulan Bintan adalah pantai dan resort mewah yang diincar banyak wisatawan. Anda tentu merindukan euforia liburan yang mengasyikkan.

Namun, wisatawan harus menerapkan perilaku new normal saat berlibur. Maka setiap objek wisata harus menyiapkan standar operasional prosedur (SOP). Karena di objek wisata diklaim menjadi episentrum penyebaran Covid-19.

Baca juga :  Pengusaha Ini Kaya Raya Berkat Sabun hingga Makanan Ringan

Dijelaskan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, SOP protokol kesehatan diperlukan untuk menjaga keamanan wisatawan dari ancaman Covid-19. Setiap stakeholder diajak untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut.

“Untuk itu perlu SOP sebagai pedoman dalam pengelolaan destinasi wisata. Ada untuk subjeknya, yaitu protokol bagi pekerja, wisatawan, pengelola, hingga pihak ketiga dalam hal ini tour operator atau travel agen,” kata Rizki dalam keterangan pers, Rabu (10/6/2020).

Baca juga :  Evan Dimas Menangkan Indonesia atas Mauritius

Dalam SOP tersebut disebutkan bahwa setiap objek wisata harus menjaga kebersihan. Tidak hanya itu, keselamatan wisatawan dari pandemi Covid-19 juga harus diterapkan.

“Tidak hanya kebersihan bagaimana objek yaitu memenuhi standar keselamatan. Tidak susah menerapkannya,” katanya.

Tak hanya SOP, lanjut Rizki, dari segi market juga akan mengalami perubahan. Baik dari segi kuantitas maupun dari segmen atau kualitasnya. Mengingat sebelum pandemi Covid-19, Menteri pariwisata sudah mencanangkan sektor pariwisata ke depan bertransformasi dan menekankan pada quality tourism. *

Baca juga :  Pelabuhan Domestik dan Internasional di Batam Masih Beroperasi

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed