by

Bisnis Kuliner Bisa Jadi Peluang Usaha Menjanjikan

Makanan dan minuman merupakan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi setiap orang. Karena itu, bisnis ini dinilai menjanjikan.

Kini bisnis kuliner semakin berkembang dan masyarakat lebih membutuhkan makanan yang praktis dalam pembuatan, penyajian, dan cara konsumsinya.

Ada beberapa alasan memilih usaha kuliner sebagai pilihan utama dalam berbisnis, dilansir dari buku 38 Inspirasi Usaha Makanan Minuman untuk Home Industry Modal di Bawah 5 Juta karya Yuyun Anwar, Selasa (27/4/2021).

Pertama, potensi pasar yang besar dan terus menerus

Makanan merupakan kebutuhan dasar manusia, artinya setiap hari orang mengonsumsi makanan dan kejadian itu berulang-ulang. Konsumsi yang berulang merupakan potensi pasar yang besar, sehingga tercipta permintaan yang luar biasa, menjadikan peluang bisnis kuliner tidak ada matinya.

Baca juga :  Miliki Rumah via Bank Syariah, Ini Penjelasannya

Berbeda dengan bisnis barang elektronik misalnya. Orang biasanya menunggu waktu yang lama untuk mengumpulkan uang dan membelinya. Dan belum tentu dia akan membelinya kembali dalam satu atau dua tahun.

Kedua, modal kecil

Bisnis kuliner merupakan usaha yang sangat fleksibel, karena dapat dimulai dari skala kecil dan modal terjangkau. Jumlah makanan yang diproduksi dapat disesuaikan dengan jumlah modal yang dimiliki, serta dapat menggunakan peralatan yang dimiliki di dapur. Oleh karena itu, usaha makanan dapat menjadi pilihan dan alternatif paling tepat bagi yang ingin memulai usaha.

Ketiga, jenis bervariasi

Usaha kuliner memiliki banyak variasi, mulai dari cemilan, minuman, jajanan pasar, aneka lauk, dan makanan berat lainnya. Banyaknya variasi akan mempermudah pengusaha untuk mengembangkannya dan punya banyak pilihan untuk dijual. Misalnya, memilih salah satu jenis makanan atau menu yang khas, sehingga persaingan tidak ketat dan tercipta pasar yang potensial.

Baca juga :  Berbagai Acara Musim Liburan Desember Digelar di Pacific Palace Hotel Batam

Keempat, mudah dan praktis

Usaha makanan dan minuman merupakan usaha yang mudah dan praktis. Mudah artinya dalam pembuatan hingga pengemasannya karena bisa dilakukan oleh siapa pun. Praktis maksudnya jika pengusaha tidak bisa memasak, makanan setengah jadi dapat dijadikan alternatif untuk dimasak ulang, atau pengusaha bisa menyewa tukang masak dan mencoba resep makanan yang ada di pasaran.

Kelima, risiko rendah

Membuka usaha makanan dan minuman memiliki risiko rendah. Jika tidak laku, makanan bisa dikonsumsi sendiri. Walaupun besar atau kecilnya risiko menjual makanan dan minuman tergantung dari jenis kuliner yang diperdagangkan. Misalnya, makanan dan minuman yang cepat basi lebih berisiko dibanding makanan kering yang lebih awet.

Baca juga :  "Sebut Netrakepri.com dan Edukits, Dapat Diskon..."

Untuk menjual makanan segar yang cepat basi, sebaiknya mulai dari skala kecil. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika produk tidak laku. Ketika permintaan sudah stabil, penjualan bisa terus ditambah.

Enam, menguntungkan

Alasan utama memulai bisnis kuliner adalah faktor keuntungan besar yang bisa didapat. Rata-rata keuntungan yang didapat berkisar di atas 20%, sedangkan untuk kelas menengah yang mengutamakan image dan layanan berkisar di atas 40%. Karenanya untuk mendapatkan keuntungan besar, pengusaha bisa mulai dari skala kecil yang tidak memerlukan kuantitas besar.*

(sumber: okezone.com)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed